alexametrics

Sekabel Jokowi Akan Bentuk Dewan Kayu Indonesia

4 Maret 2019, 09:38:06 WIB

JawaPos.com – Sedulur Kayu dan Mebel (Sekabel) Jokowi yang merupakan kelompok relawan pendukung Capres-Cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin berencana membentuk Indonesian Timber Council (ITC) atau Dewan Kayu Indonesia. Keberadaan ITC dinilai cukup penting untuk meningkatkan potensi pasar hasil kayu Indonesia.

Ketua Sekabel Jokowi Setyo Wisnu Broto menjelaskan, selama ini Indonesia belum memiliki wadah yang bisa mengakomodasi seluruh pengusaha perkayuan. Ini menjadi salah satu kendala pengembangan industri kayu di Indonesia. Terutama untuk kebutuhan ekspor.

“Di Indonesia banyak asosiasi yang kemudian berjalan sendiri-sendiri. Akhirnya antara dunia bisnis, pemerintah, dan sistem lembaga keuangan atau perbankan tidak pernah menyatu,” terang Wisnu kepada JawaPos.com, Senin (4/3).

Dengan adanya ITC diharapkan akan dapat menyatukan semuanya. Setelah itu, seluruh stakeholder bisa duduk dalam satu wadah bernama Dewan Kayu Indonesia.

Dewa Kayu Indonesia akan menggodok semua regulasi untuk bisnis. “Setelah itu membuat roadmap atau peta jalan untuk Indonesia menjadi penguasa kayu dunia dalam lima sampai delapan tahun ke depan,” ucapnya.

Menurut Wisnu, target tersebut bukan muluk-muluk. Mengingat potensi kayu di Indonesia sangat bagus. Bahkan, Indonesia menjadi salah satu negara yang pertumbuhan kayunya paling cepat di dunia.

Selama ini, pasokan kayu Indonesia untuk kebutuhan dunia masih sangat kecil. Yakni, hanya 5 persen. Jumlah ini masih sangat kecil jika dibandingkan dengan negara lain. Untuk itu, Wisnu menargetkan dalam lima tahun ke depan Indonesia bisa memasok kebutuhan kayu dunia sebesar 20 persen.

“Target kami setelah panen raya lima tahun ke depan dari 5 persen ke 20 persen. Target minimal 50 persen dipasok dari Indonesia setelah 10 tahun mendatang,” pungkasnya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Ari Purnomo

Copy Editor :

Sekabel Jokowi Akan Bentuk Dewan Kayu Indonesia