alexametrics

Penumpang LRT Ditarget 50 Persen Dalam Waktu Enam Bulan

4 Maret 2019, 22:25:14 WIB

JawaPos.com – Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi menargetkan penumpang Light Rail Transit (LRT) Palembang mencapai 50 persen dalam waktu enam bulan. Untuk mewujudkan hal tersebut dirinya mengajak mahasiswa Universitas Sriwijaya (Unsri) untuk menggunakannya.

Budi Karya Sumadi mengatakan, penggunaan transportasi massal seperti MRT di Jakarta sudah tergolong terlambat. Di Inggris pembangunan MRT telah dilakukan sejak 100 tahun yang lalu.

Karena itu, untuk mengejar ketertinggalan tersebut dengan membangun transportasi massal itu sendiri. Seperti contoh, LRT di Kota Palembang yang dijadikan sebagai percontohan di Indonesia.

“Ini harus dimanfaatkan apalagi nilai investasinya mencapai Rp 10 triliun,” katanya saat ditemui di Palembang, Senin (4/3).

Untuk mengoptimalkan LRT di Palembang ini dirinya mengajak mahasiswa untuk menggunakannya terlebih lagi saat ini sudah ada feeder yang menjangkau di Unsri. Selain itu, juga ada subsidi yang diberikan sehingga mahasiswa pun hanya membayar Rp 7 ribu.

Saat ini, ia mengaku jumlah penumpang sudah mencapai 35 persen atau sekitar 5 ribu penumpang. Ia berharap, dengan menggaet dan mengajak mahasiswa untuk menggunakan LRT maka mampu meningkatkan jumlah penumpang hingga 50 persen. Hanya saja memang membutuhkan waktu untuk meningkatkan jumlah penumpang ini.

“Kami menargetkan peningkatan jumlah penumpang hingga 50 persen ini dalam waktu enam bulan,” singkatnya.

Sementara itu, Rektor Unsri, Prof Anis Saggaf menambahkan, saat ini total mahasiswa Unsri mencapai 32 ribu. Sedangkan yang ke Indralaya mencapai 24 ribu, dengan rincian 2 ribu tinggal di dalam kampus, kemudian 4 ribu tinggal diluar kampus. Kemudian, sisanya mencapai 18 ribu yang pulang pergi dari Palembang ke Indralaya.

“Ini merupakan potensi untuk menggunakan transportasi umum seperti LRT,” katanya.

Ia mengaku dengan penggunaan LRT ini diharapkan mampu menekan angka kecelakaan. Namun, dirinya tetap mengimbau untuk berhati-hati menggunakan LRT jangan melanggar aturan yang berlaku saat berada di stasiun LRT.

“Jadi tidak perlu lagi bawa kendaraan jika ingin ke Unsri cukup minta antar saja sampai stasiun LRT,” tutupnya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Alwi Alim

Copy Editor :

Penumpang LRT Ditarget 50 Persen Dalam Waktu Enam Bulan