alexametrics

Pemasangan APK Diharap Perhatikan Jaringan Listrik

4 Maret 2019, 11:43:12 WIB

JawaPos.com – PT PLN (Persero) meminta kepada pemasang alat peraga kampanye (APK) untuk memperhatikan jaringan listrik. Jangan sampai pemasangan APK justru mengganggu jaringan apalagi hingga berdampak pada pemadaman listrik.

Manajer Bagian Transaksi Energi Listrik PT PLN UP3 Solo F. Joko Ispraptono menyampaikan, pastinya banyak APK yang dipasang menjelang Pemilu 2019. Untuk itu, PLN mengimbau kepada pemasang agar memperhatikan mengenai right of way atau jarak aman untuk jaringan listrik. “Jarak aman itu lebih kurang tiga meter dari jaringan listrik. Baik itu dari atas, bawah, maupun dari samping,” terang Joko, Senin (4/3).

Jika tidak mengikuti jarak aman, dikhawatirkan saat APK roboh menimpa jaringan dan berdampak pada terganggunya pasokan listrik. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan terjadi korsleting listrik dan pemadaman jaringan di sejumlah wilayah. “Lebih parah kalau sampai menimbulkan kebakaran akibat arus pendek,” ucap Joko.

Meski sampai saat ini belum ada kejadian terganggunya jaringan, akan tetapi imbauan ini diharapkan bisa menjadi perhatian bagi pihak yang ingin memasang APK. Ke depan agar pemasang APK bisa lebih berhati-hati dan memperhatikan jarak aman dengan jaringan listrik.

“Sampai saat ini memang belum ada kejadian. Tapi harapannya ke depan bisa lebih memperhatikan jarak aman terhadap jaringan,” pesan Joko.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Ari Purnomo

Copy Editor :

Pemasangan APK Diharap Perhatikan Jaringan Listrik