alexametrics

Hujan Buatan Dinilai Cukup Ideal Atasi Karhutla

4 Maret 2019, 19:10:10 WIB

JawaPos.com – Provinsi Riau diprediksi akan mengalami badai El Nino yang panjang. Meskipun tingkatnya lemah, namun dampaknya bisa menyebabkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) semakin luas. Oleh sebab itu, pemerintah daerah diharapkan tidak lengah.

Kepala BNPB Doni Monardo menyebut, teknologi modifikasi cuaca atau hujan buatan cukup ideal dilakukan hingga Maret nanti. Pasalnya, berdasarkan prakiraan BMKG, arah angin serta kelembapan udara sangat mendukung.

“Sebagai contoh adalah Australia juga sedang dilanda fenomena El Nino lemah. Tapi saat ini sudah ribuan hektare lahan terbakar di sana hingga sekarang. Ini perlu diwaspadai,” kata dia, Senin (4/3).

Doni mengatakan, bahwa fenomena El Nino saat ini disebut-sebut merupakan yang paling panjang dalam 130 tahun terakhir. Untuk mencegah terjadinya bencana Karhutla yang parah, maka harus dilakukan sosialisasi, penanggulangan dengan hujan buatan hingga persiapan personel.

“Tanpa adanya sinergi dengan masyarakat dan pencegahan, teknologi tidak akan berguna jika kebakaran lahan kian meluas,” tegas Doni.

Bencana Karhutla tahun 2015 kata Doni, dapat dijadikan pembelajaran. Di mana, akibat bencana tersebut Indonesia mengalami kerugian ekonomi secara nasional lebih besar dari bencana tsunami di Aceh tahun 2004.

“Kerugiannya mencapai enam belas koma satu miliar dolar US. Sedangkan akibat tsunami Aceh 7.2 miliar dolar US. Ini tidak boleh terjadi lagi. Kerugian kesehatan, gagal panen, penurunan produksi, kekurangan air. Oleh karena itu, tim peta helix ini dari sekarang harus bisa disosialisasikan mulai sekarang,” sebutnya.

Tim yang dimaksud di antaranya Polri, TNI, BPBD, Manggala Agni maupun masyarakat. Selain itu, Doni berharap para ulama juga dilibatkan dalam Satgas Karhutla sebagai langkah preventif.

“Kedepannya bekerja sama dengan pakar agama seperti ulama untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : Virda Elisya

Copy Editor :

Hujan Buatan Dinilai Cukup Ideal Atasi Karhutla