alexametrics

1.427 Warga Kabupaten Cirebon Menghidap HIV

4 Maret 2017, 14:06:00 WIB

JawaPos.com – Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Cirebon menggelar sosialisasi bahaya penyakit HIV-AIDS yang sampai saat ini masih belum ditemukan obatnya. Data KPA mencatat hingga 2016 jumlah pengindap HIV di Kabupaten Cirebon mencapai 1427 orang.

Sejumlah elemen masyarakat, pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan unsure pemerintahan desa hadir mengikuti  sosialisasi di aula Desa Lemahabang Kulon, Rabu (1/3).

Dalam kesempatan tersebut, pemateri menekankan agar masyarakat tidak sampai terkena penyakit Aids. Caranya adalah dengan mengikuti petunjuk-petunjuk yang sudah ada diantaranya menghindari pergaulan bebas, menjauhi narkoba dan tidak menggunakan jarum suntik bekas untuk transfusi darah.

Oleh karena itu, tindak pencegahan menjadi salah satu kunci untuk memutus mata rantai penyebaran penyakit aids. Beragam cara pun dilakukan pemerintah dan beberapa organisasi lainnya untuk memerangi penyakit aids.

Kepala Desa Lemahabang Kulon, Rudiana kepada Radar Cirebon (Jawa Pos Group) mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan program dari KPA yang menggandeng Pemuda Muhammadiyah untuk mensosialisasikan bahayanya dampak pergaulan bebas, mamakai narkoba.

“Dari penjelasan pemateri, kalau sudah terjangkit ya tidak bisa disembuhkan, obat pun hanya untuk memperlambat pertumbuhan virus, makanya jangan sekali-kali melakukan tindakan yang bisa memicu atau berpotensi terjangkit aids,” ujarnya.

“Ini sudah memprihatinkan, tentunya kita harus membentengi generasi muda kita dari ancaman-ancaman demikian sekaligus memutus mata rantai penyakit aids,intinya harus hidup sehat agar terhindar dari aids,” tambahnya.

Hadir dalam sosialiasi tersebut, Ketua pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kab Cirebon Bagus Nurul Iman, Pengelola Program KPA Aip Syarifudin, dan unsure dari Kecamatan Lemahabang. (dri/yuz/JPG)

Editor : Yusuf Asyari



Close Ads
1.427 Warga Kabupaten Cirebon Menghidap HIV