alexametrics

Polemik Kasus Dugaan Pelecehan Seksual UGM Disepakati Selesai

4 Februari 2019, 20:45:43 WIB

JawaPos.com – Kasus dugaan pelecehan seksual yang dialami mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta saat Kuliah Kerja Nyata (KKN) dianggap selesai. Baik itu AN, HS, maupun rektor telah membuat kesepakatan diselesaikan dengan jalur non litigasi.

Rektor UGM Panut Mulyono mengatakan, telah tercapai kesepakatan antara pihak-pihak yang terlibat. “Para pihak dengan kesungguhan hati telah saling bersepakat memilih penyelesaian non litigasi atau penyelesaian secara internal,” katanya, Senin (4/2).

Mahasiswa HS juga menurutnya telah menyatakan penyesalannya dan meminta maaf atas peristiwa yang terjadi pada Juni 2017 silam. Ia juga diwajibkan untuk mengikuti konseling sampai psikolog yang mendampinginya menyatakan cukup.

Termasuk mahasiswi AN, juga diwajibkan mengikuti trauma konseling dengan psikolog klinis. “UGM juga memberikan dukungan bagi AN untuk menyelesaikan studinya dengan memberikan dukungan dana yang dibutuhkan untuk penyelesaian studi setara dengan komponen beasiswa BIDIK MISI,” katanya.

Sementara, Wakil Rektor UGM Bidang Kerja Sama dan Alumni, Paripurna menambahkan, keputusan ini diambil setelah para pihak mendengarkan hasil dari proses-proses yang dilakukan oleh komite etik.

“Karena ini menyangkut hal yang sensitif, dalam prosesnya kami memang harus berhati-hati. Supaya tidak menimbulkan dampak psikologis atau dampak lain kepada adik-adik mahasiswa ini,” ucapnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ridho Hidayat

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Polemik Kasus Dugaan Pelecehan Seksual UGM Disepakati Selesai