alexametrics

Terjebak di Karimunjawa, 244 Wisatawan Akhirnya Dipulangkan

4 Januari 2019, 15:40:29 WIB

JawaPos.com – Sempat tertahan beberapa hari, 244 wisatawan yang sebelumnya tak bisa meninggalkan Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara, akhirnya bisa pulang. Hal ini menyusul kembali normalnya ombak perairan Laut Jawa.

Petugas Pusat Data Logistik dan Operasional Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara, Choirul Anam mengatakan, ratusan wisatawan yang sebelumnya tertahan sejak libur malam tahun baru itu mulai diseberangkan ke Jepara. Menumpang dua kapal dan berangkat pukul 07.00 WIB.

“Dari Karimunjawa, KM Siginjai jadwal kepulangannya ke Jepara jam 13.00 siang. Kalau yang kapal Ekspres Bahari jadwal pulangnya tentatif,” kata Choirul, Jumat (4/1).

Kapal wisata itu membutuhkan waktu selama lima jam untuk menuju Dermaga Karimun. Sementara Kapal Ekspres Bahari butuh waktu dua jam.

Ia memastikan kepulangan ratusan wisatawan itu seusai adanya kepastian ombak sekitaran perairan Karimunjawa yang sempat tinggi, akhirnya mereda. Ombak ganas tersebut sebelumnya selama beberapa hari membuat layanan pelayaran lumpuh. “Mulai pagi tadi aktivitas pelayanan dari Dermaga Kartini mulai normal,” sambungnya.

Terpisah, Sediyanto selaku Analis Cuaca Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas mengatakan, ketinggian gelombang di perairan Karimunjawa saat ini berkisar pada angka 0,2 meter sampai 1 meter saja. Di mana kemarin-kemarin sempat mencapai 2,5 meteran.

Cuaca Karimunjawa terpantau oleh pihaknya akan terjadi hujan ringan. “Kecepatan angin dari barat ke barat laut mencapai 4 sampai 15 knot,” terangnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Tunggul Kumoro


Close Ads
Terjebak di Karimunjawa, 244 Wisatawan Akhirnya Dipulangkan