alexametrics

Marak Bencana, 1 Juta Wisman Batalkan Kunjungan ke Indonesia

4 Januari 2019, 20:53:26 WIB

JawaPos.com – Angka kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) diklaim merosot tajam selama 2018 kemarin. Jumlah penurunannya bahkan menembus satu juta wisman.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan bahwa satu juta wisman membatalkan rencana kunjungannya ke Indonesia. Terjadi usai tiga bencana besar melanda Tanah Air sejak pertengahan tahun kemarin.

“Bencana mempengaruhi, untuk diketahui ada tiga bencana besar terjadi. Dan itu impact-nya kira-kira satu juta wisman yang tidak jadi datang ke Indonesia,” ujarnya saat dijumpai di Pusat Rekreasi & Promosi Pembangunan (PRPP), Kota Semarang, Jumat (4/1).

Tiga bencana besar itu sebagaimana Arief jabarkan, meliputi gempa bumi Lombok yang melanda 5 Agustus lalu. Disusul bencana serupa di Palu, 28 September silam. Dan yang terakhir adalah terjangan tsunami Selat Sunda, tanggal 22 Desember kemarin.

“Di Palu meskipun Palu bukan destinasi utama wisata, tapi orang luar tidak tahu. Dia tahunya di Indonesia ada gempa dan tsunami. Bahkan 7,4 skala richter,” sambungnya.

Ini bisa dilihat dari layanan teknologi informasi (IT) untuk industri perjalanan dan pariwisata, macam Amadeus atau Expedia. “Pada tanggal 28 (saat gempa Palu terjadi), 29 nya turun drastis. Gempa Lombok, 7 skala richter, tanggal 5 Agustus, tanggal 6 nya banyak cancelation,” katanya.

Dari sekian jumlah wisman yang menyatakan pembatalan kunjungan ini, paling banyak berasal dari negara Tiongkok. Tadinya, negeri Tirai Bambu ini berada di urutan teratas negara yang mengirimkan wisman, utamanya ke Lombok. Tapi sekarang turun ke peringkat lima bahkan per bulan November.

Musababnya, Tiongkok ini menerapkan travel advice bagi warganya yang ingin berwisata ke luar negeri. “Travel advice kalau dikeluarkan pemerintah Cina (Tiongkok) ini sangat efektif. Jumlah wisman bisa langsung turun karena travel advice dianggap sebagai larangan. Karena mereka sangat patuh sama pemerintah,” terangnya lagi.

Oleh karenanya, pihaknya bakal segera memulihkan destinasi wisata terdampak bencana kemarin. Khusus Lombok, targetnya Maret 2019 sudah bisa pulih.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Tunggul Kumoro


Close Ads
Marak Bencana, 1 Juta Wisman Batalkan Kunjungan ke Indonesia