alexametrics

Kebakaran Lahan Di Rohil Meluas Hingga Ke Kota Dumai

4 Januari 2019, 15:45:14 WIB

JawaPos.com – Api yang membakar lahan di Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, hingga Jumat (4/1), belum juga padam. Malah, si jago merah merembet ke Sungai Sembilan, Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Jim Gafur mengatakan, semula luasan lahan yang terbakar hanya 15 hektar. Namun, karena sulitnya proses pemadaman luas bertambah menjadi 20 hektar. “Tim gabungan masih terus berjibaku melakukan pemadaman di sana,” katanya.

Cuaca yang panas dan angin yang kencang membuat petugas cukup kesulitan. Ditambah lagi, tak adanya sumber air di lahan gambut kering yang ditumbuhi semak belukar dan ditanami nenas, membuat api sulit dipadamkan.

Akibat kebakaran ini, wilayah sekitar dipenuhi asap tebal. Sehingga, warga yang tinggal di sekitar terpaksa diungsikan. Tim gabungan yang terdiri dari BPBD, TNI, Polri dan Manggala Agni juga harus waspada. “Aksesnya susah, masu ke hutan. Tim turun semua dan kita juga turut membantu peralatan dari BPBD Provinsi,” sebutnya.

Sementara itu, Kapolsek Tanah Putih Kompol L Simatupang menuturkan, antara Tanah Putih dengan Sungai Sembilan lokasinya memang berdekatan. Proses pemadaman sudah memasuki hari kelima. “Kami masih kesulitan mengendalikan api. Karena api meluas ke wilayah Sungai Sembilan Kota Dumai,” ungkapnya.

Kini, petugas gabungan masih terfokus untuk memblokir titik api agar tak meluas. Caranya dengan membuat sekat kanal atau parit. Kemudian membersihkan semak belukar yang membuat api semakin membesar. “Semoga api dapat dipadamkan,” ucapnya.

Kapolsek juga mengimbau agar masyarakat maupun perusahaan agar tak membuka lahan dengan cara membakar. Sebab, hal itu akan merugikan masyarakat banyak. Selain itu, tindakan tegas tentu akan menanti mereka yang terbukti melakukannya. “Pasti akan ditindak tegas. Jadi jangan coba-coba membakar lahan,” tegasnya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Virda Elisya

Kebakaran Lahan Di Rohil Meluas Hingga Ke Kota Dumai