alexametrics
Laporan Sumbangan Dana Kampanye

Jokowi-Ma’ruf Nol Rupiah, Prabowo-Sandi Rp 4,2 Juta

4 Januari 2019, 13:19:09 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo sudah menerima laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK) pasangan calon presiden dan wakil presiden. Dari laporan tersebut diketahui pasangan calon Jokowi-Ma’ruf Amin belum ada yang menyumbang atau Rp 0, sedangkan kubu Prabowo-Sandi sudah mendapatkan sumbangan sebesar Rp 4,2 juta. 

Mengenai belum adanya sumbangan untuk Paslon Jokowi-Ma’ruf Amin, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Solo, Her Suprabu menyampaikan, pihaknya memang belum membuka penerimaan sumbangan. Sehingga, wajar jika LPSDK yang disampaikan ke KPU beberapa hari lalu masih nol rupiah.

“Kami belum membuka sumbangan untuk Paslon Jokowi-Ma’ruf Amin, pembukaan sumbangan baru dilakukan bulan Januari ini,” urainya kepada JawaPos.com, Jumat (4/1). 

Lebih lanjut Her Suprabu mengungkapkan, bahwa pembukaan sumbangan yang sebelumnya hanya mengikuti jadwal KPU saja yakni dilakukan door to door dan juga sosialisasi. “Beberapa materi dibuatkan oleh KPU, menjelang jadwal kampanye terbuka dan lain-lain baru kami buka,” katanya. 

Untuk pelaporan LPSDK, Her Suprabu mengatakan, akan disampaikan ke KPU pada periode selanjutnya. Untuk pengumpulan sumbangan ini akan berlangsung selama tiga bulan. Yakni mulai Januari sampai dengan Maret mendatang. “Ya kurang lebih tiga bulan ke depan, nanti pelaporannya menjelang pemungutan suara,” tandasnya. 

Terpisah Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti mengatakan, bahwa pelaporan LPSDK yang dilakukan Rabu (2/1) lalu bukanlah yang terakhir. Masih ada tahap pelaporan dana kampanye berikutnya. “Jadi yang kemarin bukan yang terakhir, masih ada tahapan pelaporan yang lain usai pemungutan suara,” katanya

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ari Purnomo

Jokowi-Ma'ruf Nol Rupiah, Prabowo-Sandi Rp 4,2 Juta