JawaPos Radar

Dishub Imbau Masyarakat Gunakan Angkutan Resmi Saat Liburan

04/01/2018, 00:50 WIB | Editor: Budi Warsito
Dishub Imbau Masyarakat Gunakan Angkutan Resmi Saat Liburan
Ilustrasi. Suasana lalu lintas di Yogyakarta saat liburan. (Ridho Hidayat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengimbau agar masyarakat menggunakan jasa angkutan yang resmi saat momen liburan. Hal itu disampaikan untuk mengantisipasi resiko masalah pelayanan maupun keamanan saat berada di perjalanan.

Kasi Angkutan Sewa Barang dan Kereta Api Dishub DIY Sigit Budi Raharjo mengatakan, pihaknya selalu melakukan pemeriksaan jelang momen libur panjang lebaran, natal, maupun tahun baru. Pemeriksaan dilaukan untuk memastikan armada angkutan layak jalan.

"Selalu ditempeli stiker besar angkutan resmi," kata Sigit saat ditemui di kantornya, Rabu (3/1).

Dengan begitu, apabila angkutan yang digunakan masyarakat dianggap merugikan bisa langsung ditindak. Baik itu pelanggaran menaikkan tarif seenaknya atau di luar batas maupun kenyamanan bagi pengguna angkutan.

Bahkan, bila pelanggaran itu dilakukan oleh bus luar kota sekalipun. Pihaknya juga bisa berkoordinasi dengan instansi di luar daerah untuk menindak Perusahaan Otobus (PO) bersangkutan.

"Bisa dilakukan pembekuan dilarang beroperasi selama waktu yang ditentukan," tuturnya.

"Kami juga selalu memberikan sosialisasi kepada sopir-sopir bus, agar memahami kalau beliau itu sebagai wajah depan Indonesia," timpalnya.

Sementara itu, pengalaman tidak mengenakkan dialami oleh Nurul Septyani, 26, warga asal Kota Bekasi saat menikmati liburan Natal dan Tahun Baru 2018 di Yogyakarta.

Ketika kembali ke Bekasi usai berlibur, ia mengaku beberapa penumpang sempat komplain terhadap angkutan yang ditumpanginya.
Namun, sopir dan kondektur angkutan tersebut tak menanggapi keluhan penumpangnya.

"Ketika ada yang meminta untuk turun tapi tidak diperbolehkannya dan harus menunggu ke lokasi lain. Kalau musim libur seperti ini, banyak yang sudah sold out tiketnya. Jadi dapat bus seadanya," ungkapnya.

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up