alexametrics

Wali Kota Malang: Disabilitas Juga Manusia

3 Desember 2018, 15:36:45 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berkomitmen untuk memberikan perhatian terhadap para penyandang disabilitas. Tidak hanya terkait fasilitsas umum, tetapi juga masalah penyediaan lapangan pekerjaan.

Bahkan, perhatian terhadap para penyandang disabilitas sudah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) selama lima tahun ke depan. “Ada musrenbang (musyawarah perencanaan pembangunan) disabilitas, lansia, dan masalah anak. Artinya seluruh masyarakat di Kota Malang terwakili semua,” ujar Wali Kota Malang Sutiaji, Senin (3/12).

Pemkot Malang akan memperhatikan fasilitas yang ramah terhadap para penyandang disabilitas. Seperti kantor-kantor kelurahan yang bakal sesuai dengan Perda Bangunan dan Disabilitas. “Terkait fasilitas umum, akan kami lakukan. Termasuk nanti miliknya kota (bangunan pelayanan masyarakat, red),” terang Sutiaji.

Selain itu, Pemkot Malang bakal memperhatikan lapangan pekerjaan bagi penyandang disabilitas. “Tetap beri ruang. Disabilitas juga manusia. Tapi juga dipikirkan agar tidak terlalu merugikan bagi perusahaan,” terang Sutiaji.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang pada 2016, jumlah penyandang disabilitas di Kota Malang sebanyak 775 orang. Sedangkan berdasarkan data Pusat Pengembangan Rehabilitasi Bersumber Daya Masyarakat (PPRBM) Kota Malang, jumlahnya mencapai 1.083 orang.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (fis/JPC)

Wali Kota Malang: Disabilitas Juga Manusia