alexametrics

Teror Macan Tutul Bergeser ke Desa Beruk

3 Desember 2018, 11:21:01 WIB

JawaPos.com – Teror macan tutul di Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng), berlanjut. Kali ini serangan macan tutul beralih di Dusun Pondok Pengkok RT 001/RW 001, Desa Beruk, Kecamatan Jatiyoso. Serangan macan tutul terjadi pada Sabtu (1/12) dini hari. Dua ekor kambing milik warga mati dengan luka di lehernya.

Kapolsek Jatiyoso Iptu Subarkah mengungkapkan, Sabtu (1/12) sekira pukul 01.00 WIB terdengar suara gaduh di kandang kambing milik Kisut, 50 warga setempat. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata di dalam kandang terdapat seekor macan tutul yang sudah membunuh kambing.

“Pemilik melihat ada macan tutul dan berusaha untuk mengusirnya. Tapi macan masuk ke dalam kamar dan sempat menabrak almari,” terang Subarkah kepada JawaPos.com, Senin (3/12).

Warga terus mengejar dan macan berhasil kabur melalui jalan pintas. Mendapati kejadian tersebut, warga mulai meningkatkan penjagaan. Tidak hanya warga, penjagaan juga dilakukan TNI dan Polri. “Penjagaan terus ditingkatkan,dan melibatkan banyak personel,” urai Subarkah.

Kasi Konservasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah I Surakarta Titi Sudaryanti mengatakan, ancaman macan tutul mulai bergeser ke lokasi lain. Mengingat di desa sebelumnya penjagaan terus dilakukan. Sehingga macan tutul mencari lokasi yang tidak dijaga. “Jarak antara lokasi pertama yang didatangi itu lebih kurang 15 kilometer. Tapi kalau untuk macan itu tidaklah jauh,” terang Titi.

Dengan berpindahnya serangan macan tutul, maka perangkap yang sebelumnya dipasang di wilayah pertama dipindahkan ke Desa Beruk.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (apl/JPC)

Teror Macan Tutul Bergeser ke Desa Beruk