alexametrics

Sudah 9 Jasad Ditemukan Mengambang di Perairan Selat Malaka

3 Desember 2018, 17:17:04 WIB

JawaPos.com – Jumlah mayat yang ditemukan di Perairan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Riau, dekat Selat Malaka terus bertambah. Hingga Senin (3/12), sudah 9 jasad yang ditemukan mengambang dan membusuk di sana.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto mengatakan, mayat kesembilan kembali ditemukan, di perairan Desa Perapat Tunggal, Kecamatan Bengkalis, Sabtu (1/12) sore. Ia berjenis kelamin laki-laki dan memiliki tinggi 170 centimeter.

“Jadi mayat kesembilan yang ditemukan itu mengenakan baju kaos berkerah warna dongker, celana jeans pendek warna krem, celana boxer warna hitam dan celana dalam warna abu-abu. Ia juga mengenakan ikat pinggang warna coklat,” kata Narto sapaan akrab Kabid Humas, Senin (3/12) sore.

Mayat tersebut kata dia, sudah dibawa ke RS Bhayangkara Polda Riau untuk diotopsi. Gunanya mencari tahu identitas korban yang ditemukan sudah dalam kondisi membusuk. “Sudah, nanti akan diperiksa antemortem dan postmortem-nya,” sebutnya.

Sementara itu, mayat yang mengapung di perairan Selat Malaka pertama kali ditemukan, Sabtu (24/11) sekitar pukul 13.00 WIB lalu. Saat itu nelayan mendapati seorang pria yang mengapung di tengah laut Rupat Utara. 

“Mayat itu dibawa ke RSUD Dumai untuk di visum. Tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuhnya, tapi selama 4 hari tak ada keluarga yang menjemput. Akhirnya korban diserahkan ke Dinas Sosial Dumai untuk dimakamkan,” ujarnya.

Kemudian, penemuan mayat kembali terjadi 4 hari kemudian, yaitu Rabu (28/11) siang. Saat itu ditemukan seorang pria tak dikenal yang sudah meninggal dunia di perairan Rupat.

Setelah itu, penemuan mayat terus terjadi. Pada Kamis (29/11) sekitar 15.00 WIB, nelayan menemukan 3 mayat sekaligus. Dua berjenis kelamin laki-laki dan seorang perempuan. 2 sudah teridentifikasi, mereka merupakan warga Sumatera Barat yaitu Ujang Chaniago dan Mimi Dewi. “Kedua korban sudah diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan,” kata dia.

Di hari berikutnya, Jumat (30/11) sekitar pukul 14.00 WIB, ditemukan seorang perempuan di Perairan Bantan. Kemudian di hari Sabtu (1/12) sekitar pukul 11.00 WIB, kembali ditemukan 3 mayat. Satu berjenis kelamin perempuan dan 2 lainnya laki-laki.

“Yang perempuan ditemukan KTP dan paspor Indonesia serta paspor Malaysia yang ada pada tubuhnya. Namanya Maya Karina,” sebutnya.

Selang 30 menit kemudian setelah ditemukannya 3 mayat sebelumnya, polisi dan BPBD kembali menemukan jasad pria tak dikenal. “Mereka semua dibawa ke RS Bhayangkara Polda Riau untuk diotopsi,” tutur dia.

“Untuk saat ini, masih dilakukan proses identifikasi. Selain itu, posko pengaduan masyarakat juga sudah didirikan di RSUD Bengkalis dan RS Bhayangkara Polda Riau di Pekanbaru untuk menampung informasi terkait korban yang ditemukan ini,” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (ica/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Sudah 9 Jasad Ditemukan Mengambang di Perairan Selat Malaka