alexametrics

Hujan Lebat, Jogja Diterjang Banjir dan Longsor

3 Desember 2018, 19:10:23 WIB

JawaPos.com – Hujan lebat dengan durasi cukup lama, membuat sejumlah wilayah di Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) diterjang banjir dan tanah longsor, Senin (3/12). Sejauh ini, petugas masih menginventarisir daerah-daerah yang diterjang banjir.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, DIJ Makwan mengatakan, data terakhir yang masuk sekitar pukul 16.25 WIB terdapat 2 titik longsor.
Yaitu di Dusun Blunyah Gede RT 5/32, Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati yang mengancam rumah milik Bowo.

Serta di Dusun Karangjati RT 19/42, Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati yang mengancam rumah milik Jaimin. “Ini petugas masih di lapangan dan masih menginventarisir daerah yang terkena bencana termasuk kerusakan yang terjadi,” katanya, Senin (3/12) petang.

Sementara untuk banjir terjadi di 1 titik di wilayah Kota Jogjakarta, DIJ. Yaitu di Kelurahan Terbang, Kecamatan Gondokusuman. “Hanya 1 titik saja,” kata salah seorang personel Pusdalops BPBD Kota Jogjakarta, Suyatman.

Banjir yang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB tersebut sempat menyebabkan beberapa rumah di wilayah itu terkena dampak. Ketinggian air mencapai kisaran 30 centimeter. “Sekarang sudah surut,” katanya.

Dari informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jogjakarta, intensitas hujan sedang sampai lebat hampir merata di wilayah DIJ. Baik itu di Kabupaten Sleman, Bantul, maupun Kota Jogjakarta.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (dho/JPC)

Hujan Lebat, Jogja Diterjang Banjir dan Longsor