alexametrics

8 Pohon Tumbang Timpa Sejumlah Mobil di Kota Semarang

3 Desember 2018, 20:36:49 WIB

JawaPos.com – Sebanyak delapan pohon tumbang setelah hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Semarang sejak Senin (3/12) sore. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun sedikitnya dua mobil rusak tertimpa pohon.

Menurut informasi yang diperoleh dari Posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah Senin (3/12) malam, kedelapan pohon itu tersebar di berbagai lokasi. Diantaranya di Jalan Siwalan, depan SMP Kanisius St. Yoris, Jalan Depok, Jalan Madukoro, dekat kantor Pemadam Kebakaran Kota Semarang.

Kemudian, di dekat Rumah Makan Godong Salam, Mugassari, dimana pohonnya menimpa sebuah mobil. Begitupun di Pamularsih, depan Tahu Baxo Bu Pudji. Sisanya, di Jalan Pamularsih, berdekatan dengan pool Taksi Kosti, dan sekitaran Wisma Perdamaian. Terakhir, di depan Gedung Pandanaran.

Sementara menurut informasi yang dihimpun, masih ada satu lagi pohon tumbang di Jalan Pahlawan. Tepatnya di depan Kantor Pengadilan Negeri Semarang.

Untuk kejadian pohon tumbang di Jalan Pamularsih, depan Toko Tahu Baxo Bu Pudjie bahkan sempat menyebabkan lalu lintas di jalan arah Kaligarang menuju Kalibanteng. Akibatnya, diberlakukan sistem contra flow di sana.

Dalam hal ini, Kepala BPBD Jateng Sarwa Pramana mengimbau kepada seluruh masyarakat, dimana pun mereka berada, tak hanya di Kota Semarang untuk selalu waspada. Terlebih di musim penghujan seperti ini.

“Kalau sudah merasa ada perubahan suhu dari panas ke dingin, disertai perubahan warna awan. Itu nanti pasti kalau hujan disertai angin kencang. Maka, hindarilah pohon-pohon besar dan reklame,” katanya saat dijumpai di kantornya, Senin (3/12) malam.

Imbauan juga ia berikan kepada pemerintah kabupaten/kota agar melakukan upaya antisipatif. Berupa memotong ranting pohon berukuran besar agar nantinya tak membahayakan warga saat melintas atau berdiam di bawahnya.

“Sejumlah papan reklame juga harus direvitalisasi. Karena beberapa sudah usang,” tandasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (gul/JPC)



Close Ads
8 Pohon Tumbang Timpa Sejumlah Mobil di Kota Semarang