alexametrics

Tewas Saat Evakuasi Korban Lion Air, Syachrul Dimakamkan di Surabaya

3 November 2018, 12:52:27 WIB

JawaPos.com – Proses evakuasi korban jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 menelan korban jiwa. Seorang relawan Badan SAR Nasional (Basarnas) tewas saat bertugas. Korban atas nama Syachrul Idris, 48, warga Bendul Merisi Utara, Surabaya.

JawaPos.com sempat melayat ke rumah duka. Beberapa anggota keluarga besar Syachrul sudah tampak datang sejak pukul 08.00 WIB. Mereka membaca doa-doa untuk almarhum.

Istri alamarhum, Lyan Kurniawati, 39, sempat bercerita tentang suaminya. Dia mendapat kabar musibah yang menimpa Syachrul pada Jumat (2/11) pukul 20.00 WIB. Lyan sedang berada di Jogjakarta ketika menerima kabar tersebut. Namun, Lyan mengaku belum mendapat kabar pasti tentang kondisi suaminya.

Penyelam Basarnas Tewas
Syachrul Idris (kostum hitam) semasa hidup. (Dok. Humas Basarnas Jateng)

Baru pada pukul 22.30 WIB, Lyan mendapat kabar bahwa Syachrul dinyatakan meninggal oleh dokter di IGD RSUD Koja, Jakarta Utara. Pihak keluarga menolak tawaran otopsi ke RS Cipto Mangunkusumo.

Jenazah Syachrul kemudian dipulangkan ke Surabaya. “Saya dikabari, kalau bapak meninggal tadi malam. Waktu itu, saya sedang ada di Jogjakarta karena ada urusan,” kata Lyan di rumah duka, Sabtu (3/11).

Lyan mengaku belum tahu pasti penyebab kematian suaminya. Yang jelas, Syachrul masih berupaya mengevakuasi korban Lion Air bersama rekan Basarnas dan relawan penyelam lain pada pukul 15.00 WIB.

“Suami saya sama teman-temannya turun (menyelam mencari korban Lion Air). Saya belum tahu detailnya. Basarnas yang tahu detailnya. Katanya sempat sadar ketika diangkat (dievakuasi dari dalam laut),” ungkap Lyan.

Hal senada disampaikan kakak Ipar almarhum, Ibnu Abdilah. Dia mengaku belum mengetahui secara pasti penyebab dan kondisi korban saat meninggal. Ibnu menduga adik iparnya meninggal karena kelelahan.

Jenazah korban sudah dimakamkan di TPU Bendul Merisi pukul 12.00 WIB. “Tadi pak RT, bagaimana kalau dimakamkan di Makassar (kampung halaman almarhum sejak kecil hingga SMP). Tapi kalau di bawa ke Makassar kejauhan,” imbuh Ibnu.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Tewas Saat Evakuasi Korban Lion Air, Syachrul Dimakamkan di Surabaya