JawaPos Radar

Ringkus Sindikat Narkoba, Polisi Sita 13,5 Kg Sabu dan 12.681 Ekstasi

03/10/2018, 21:21 WIB | Editor: Budi Warsito
Ringkus Sindikat Narkoba, Polisi Sita 13,5 Kg Sabu dan 12.681 Ekstasi
Kapolda Sumut, Irjen Agus saat memusnahkan barang bukti narkoba hasil pengungkapan dalam satu bulan. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Polda Sumatera Utara (Sumut) mengungkap aktivitas sindikat narkoba kelas kakap pada Selasa (25/9) lalu. Dalam penangkapan itu, enam tersangka anggota sindikat narkoba ditangkap petugas Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut.

Dari tangan para tersangka, polisi menyita total barang bukti 13,5 kg sabu-sabu dan 12.681 butir pil ekstasi dari sejumlah lokasi terpisah, di Kota Medan. Diantara para tersangka, juga terdapat seorang perempuan.

Identitas para tersangka antara lain, S, 36 warga Jalan Pertiwi Ujung, Kelurahan Bantan, Medan Tembung/Pasar IX Gang Rambutan, Kecamatan Percut Sei tuan dan EB, 21 warga Jalan Cengkeh, Perumnas Simalingkar, Medan Tuntungan.

Ringkus Sindikat Narkoba, Polisi Sita 13,5 Kg Sabu dan 12.681 Ekstasi
Kapolda Sumut, Irjen Agus saat memusnahkan barang bukti narkoba hasil pengungkapan dalam satu bulan. (Istimewa)

Selanjutnya IS, 22 warga Jalan Ngumban Surbakti, Kelurahan Sempakata, Medan Selayang dan DN, 21 (Perempuan) warga Barisan Kuta Mbelang, Desa Sidiangkat, Kecamatan Sidikalang, Dairi.

Kemudian MZ, 24 warga Dusun Industri, Desa Blang Me Timu, Kecamatan Jeunieb, Kabupaten Bireuen, Aceh, serta R, 47 warga Dusun Jeumpa Desa Geulumpang Payong, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur. "Mereka ditangkap dari lokasi yang berbeda-beda," kata Kapolda Sumut, Irjen Agus Andrianto, Rabu (3/10).

Yang pertama kali ditangkap petugas adalah S. Dia ditangkap di Pasar Bengkel, Kabupaten Deli Serdang sekitar pukul 19.52 WIB. Petugas sudah membuntutinya menumpangi angkutan. "Petugas memberhentikan angkutan itu dan kemudian menggeledah S," katanya.

Dari tangannya, polisi menemukan 12 bungkus plastik teh warna hijau muda bertuliskan tulisan Cina merek Guan Ying Wang. Kemasan itu berisi narkotika jenis sabu masing-masing seberat 1 Kg. "Barang haram itu akan diberikan kepada D yang hingga kini masih buron," katanya.

Polisi juga terpaksa melumpuhkan S. Kaki kanannya ditembak karena berusaha melarikan diri saat pengembangan kasus. Selanjutnya, polisi kemudian menangkap tersangka EB, IS dan DN. Mereka di tangkap di Diskotek Lee Garden, Jalan Nibung Raya Kota Medan dan di Komplek Tomang Elok tepatnya di parkiran Hotel Bumi Malaya yang berada di Jalan Gatot Subroto, pada Jumat (28/9).

Dari tangan mereka, awalnya polisi hanya memperoleh psikotropika jenis pil happy five (ekstasi) sebanyak 259 butir. Selanjutnya dilakukan pengembangan ke Komplek Tomang Elok dan menemukan 12.422 butir lainnya dari dalam jok sepeda motor Honda Scoopy warna Merah BK 2140 AGJ.

"Personel langsung membawa ketiga tersangka beserta barang bukti ke Dit Narkoba untuk proses sidik lanjut," katanya.

Sedangkan untuk tersangka MZ dan R, penangkapan dilakukan pada Jumat (28/9) setelah pihak Unit 4 Subdit I Ditresarkoba Polda Sumut mendapat informasi bahwa, ada dua pria yang akan membawa narkotika jenis Sabu dari Bireuen Aceh ke Palembang via Medan dengan menggunakan Bus.

"Kita langsung melakukan penyelidikan dan penangkapan," pungkasnya.

Sebelumnya, Kapolda Sumut juga melakukan pemusnahan sebanyak 90 kg sabu, 100 kg dan 12.681 pil ekstasi hasil tangkapan mereka selama sebulan.

(pra/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up