JawaPos Radar | Iklan Jitu

BPBD Kabupaten Malang Sudah Salurkan 90 Ribu Liter Air Bersih

03 Oktober 2018, 11:50:24 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Bantuan Air Bersih
BANTUAN: BPBD salurkan bantuan air bersih di Desa Jabung. (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kemarau panjang berdampak pada kekeringan di berbagai daerah. Tak terkecuali di Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim). Untuk mengatasinya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang terus melakukan pengiriman air bersih ke daerah terdampak kekeringan.

Kepala BPBD Kabupaten Malang Bambang Istiawan menuturkan, pihaknya sudah mengirimkan bantuan air bersih ke Desa Kemiri, Kecamatan Jabung, sejak beberapa hari lalu. Sebanyak 3 tangki air bersih berkapasitas masing-masing 5.000 liter air didistribusikan ke Desa Kemiri.

Sebelumnya, BPBD sudah mengirimkan dua tangki air dengan kapasitas 10 ribu liter. Air diberikan kepada warga di Desa Jabung. "Sudah seminggu kami berikan bantuan air kepada warga di Desa Jabung. Kemudian ganti ke Desa Kemiri," kata Bambang, Rabu (3/10).

Sampai saat ini, kurang lebih 90.000 liter air sudah didistribusikan ke daerah yang terdampak kekeringan. Kemarau panjang seperti ini tidak bisa disamakan dengan kondisi sebelumnya. "Tiap tahun beda kondisinya. Kami sudah berusaha memberi dan memenuhi kebutuhan warga soal air bersih selama kemarau," tukas mantan Kasatpol PP itu.

Sebagai informasi, wilayah Kabupaten Malang memiliki topografi beragam. Wilayah yang kerap kekeringan biasanya di daerah pengunungan. Misalnya di Jabung, Donomulyo dan sebagian wilayah Sumbermanjing Wetan.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up