Lupa Matikan Kompor, 3 Rumah di Kota Malang Ludes Terbakar

03/09/2018, 16:19 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
KEBAKARAN: Karena lupa mematikan tungku kompor, rumah di Jalan Muharto, Kota Malang terbakar, Senin (3/9). (dok. BPBD Kota Malang)
Share this

JawaPos.com - Peristiwa kebakaran terjadi di sebuah rumah yang berada di Jalan Muharto gang X, RT 05 RW 08, Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Senin (3/9) siang. Kejadian tersebut diduga karena pemilik salah satu rumah lupa mematikan api tungku kompor. Akibatnya, tiga rumah ludes terbakar. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang J Hartono mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Dia menjelaskan, kejadian itu berawal dari rumah Juariyah, 50, yang pada saat itu tidak berada di rumah. Api pertama kali diketahui oleh salah satu warga sekitar.

Menurutnya, api berasal dari tungku kompor yang masih menyala usai digunakan oleh Juariyah. "Ketika habis memasak, beliau lupa memadamkan," ujarnya. Api kemudian membesar dengan cepat dan menghanguskan satu rumah yang dihuni oleh 3 kepala keluarga (KK). 

Kerugian akibat kebakaran tersebut ditakris mencapai angka puluhan juta rupiah. (dok. BPBD Kota Malang)

"Api juga berdampak pada 3 rumah di sekitar lokasi," kata dia. Pemadaman api dilakukan oleh warga serta bantuan 6 unit PMK.

Akibat kejadian tersebut, Juariyah mengalami luka ringan di bagian leher karena terkena kayu. Sementara satu rumah yang dihuni oleh 3 KK rusak dan tidak bisa ditempati. "Tiga rumah lainnya terbakar di bagian atap batas rumah," terangnya. Sementara kerugian secara materi sebesar Rp 98,5 juta.

(fis/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi