JawaPos Radar

Dua Hari Lagi, Gubernur Baru Sulsel Dilantik Presiden Jokowi

03/09/2018, 18:44 WIB | Editor: Budi Warsito
Dua Hari Lagi, Gubernur Baru Sulsel Dilantik Presiden Jokowi
Penjabat Sementara Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono (Syahrul Ramadan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Delapan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018, bakal dilantik pekan ini.

Pelantikan dipimpin langsung Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), di Istana Negara, Rabu (5/9) mendatang. Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otoda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Soni Sumarsono mengatakan, pelantikan dibagi menjadi dua tahap.

Pada tahap pertama dilantik Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih untuk delapan provinsi. "Masing-masing, ada Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur dan Papua," kata Sumarsono dalam keterangan resmi yang diterima JawaPos.com, Senin (3/9).

Pelantikan tahap kedua, bakal menyusul Kamis (27/9) mendatang untuk empat Provinsi. "Empat daerah yang masuk tahap kedua yakni Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Selatan dan Kalimantan Timur," ucapnya.

Sumarsono mengungkapkan, pelantikan di Istana Negara akan dihadiri undangan terbatas. Selain Gubernur dan Wakil Gubernur yang dilantik, turut diundang para pendampingnya, khususnya Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Pelantikan juga akan diramaikan oleh pejabat pemerintah pusat, serta para menteri kabinet kerja. "Sejumlah pejabat dari daerah yang hadir, tidak semua masuk gedung. Namun disediakan video besar untuk nonton bareng prosesi pelantikan di gedung sebelah dalam kawasan Istana," ujar Sumarsono.

Sumarsono diketahui menjabat Penjabat Gubernur Sulsel, menggantikan Syahrul Yasin Limpo. Dia bertugas dalam masa transisi dan akan digantikan pemenang Pilkada Sulsel 2018 Nurdin Abdullah - Andi Sudirman Sulaiman.

Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel terpilih, menandai masa tugas Sumarsono telah berakhir. Saat ini dia telah berada di Jakarta untuk mempersiapkan pelantikan serentak.

Namun dia akan kembali ke Sulsel pada Jumat (7/9) mendatang untuk prosesi serahterima jabatan, setelah pelantikan di Istana Negara. "Sertijab akan digabung dengan acara lepas sambut," pungkasnya.

(rul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up