Cara FUI MUI dan Ormas Islam Batam Cari Legislatif Berkualitas

03/09/2018, 22:00 WIB | Editor: Budi Warsito
Kegiatan Konsolidasi dan silaturahmi seluruh ormas Islam di Kota Batam, dalam upayanya menghadirkan politikus Islam yang mumpuni. (Boni Bani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Demi menghadirkan anggota DPRD Kota Batam yang memiliki kapabilitas di posisinya, Forum Ukhuah Islamiah (FUI) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batam menggelar kegiatan konsolidasi dan silaturahmi dengan lebih dari 100 ormas Islam yang ada di Batam.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Pusat Informasi Haji (PIH) Batam Centre, Batam, Senin (3/9) sore ini, berisi dialog intetaktif antara peserta acara dan narasumber. Dimana dialog tersebut, berisi masukan bagaimana kader-kader muslim yang terpilih nantinya bisa berperan menjadi penguat kedudukan umat Islam yang memang dominan secara jumlah.

Dari forum yang juga dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kepri, Mukhlisuddin ini, Ketua FUI MUI Kota Batam, Didi Suryadi mengingatkan masyarakat muslim di Batam agar ikut memberikan dukungan disamping mengharapkan komitmen dari para kader.

Dengan begitu, akan terjalin kedekatan antara kader dengan masyarakat, sehingga apa yang menjadi kebutuhan kaum muslim bisa diakomodir dan disuarakan.

"Jangan hanya menuntut komitmen tanpa mendukung," kata Didi ketika menjadi narasumber dalam kegiatan konsolidasi ini, Senin (3/9).

Sementara itu, Ketua MUI Kota Batam, Usman Ahmad menjelaskan, MUI sebagai organisasi tetap menjalankan fungsinya memgedukasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan politik. Politik dan Islam adalah hal yang berjalan beriringan sehingga keterlibatan masyarakat dalam kontestasi politik tetap diperlukan.

"Salah satu upaya kita adalah mengedukasi masyarakat untuk tidak golput. Semoga ke depan semakin banyak masyarakat yang berpartisipasi," kata Usman menanggapi salah satu masukan dari peserta dialog.

Selain itu, Usman juga menjelaskan, MUI melalui organisasi turunannya (Tim 17) juga mengupayakan hadirnya tokoh-tokoh mumpuni yang duduk di kursi DPRD Kota Batam. Dengan begitu, pembahasan mengenai kebijakan menyangkut kepentingan umat Islam di Batam bisa tersalurkan secara benar.

"Rakyat biasa mungkin tidak tahu bagaimana masalah agama diperbincangkan, jadi kita harapkan hadir kader politik Islam yang memang membela kepentingan umat Islam," kata Usman dalam forum yang dihadiri lebih dari 50 persen ormas di Kota Batam ini.

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi