alexametrics

Aksi di Tuban, Jaringan Lampung Penguras Saldo ATM Dibekuk di Surabaya

3 Agustus 2022, 11:24:04 WIB

JawaPos.com- Sindikat penguras saldo ATM dengan modus memanfaatkan kepanikan nasabah bank, berhasil dibekuk petugas. Jaringan itu terungkap berasal dari Lampung, Sumatera Selatan. Salah seorang korbannya warga dari Tuban. Korban kehilangan uang Rp 40 juta pada akhir Juli lalu.

Saat itu, korban sedang mengambil uang di bilik ATM foodcourt SPBU Sleko Tuban, Jalan Pahlawan. Ternyata, kartu ATM macet. Tidak bisa dipakai. Sindikat pelaku yang sudah mengintai pun berpura-pura menawarkan jasa bantuan. Meminta PIN. Nah, dari situlah aksi pelaku berawal.

Kasatreskrim Polres Tuban AKP M. Gananta menjelaskan, para pelaku beraksi secara acak. Mobile. Berkeliling Jawa Timur. Selain Tuban, pelaku juga terungkap beraksi di Kabupaten Kediri, Lamongan, Mojokerto, dan Surabaya. Saat beraksi di Surabaya, pelaku berhasil terungkap identitasnya. Jajaran Polrestabes pun langsung mengamankan.

‘’Empat orang sudah diamankan, seluruhnya dari Lampung,’’ ungkap Gananta seperti dilansir Jawa Por Radar Tuban.

Mantan Kasatreskrim Polres Tanjung Perak ini menyampaikan, identitas para pelaku belum dibeberkan penyidik. Alasannya, masih mengumpulkan barang bukti dan laporan dari korban-korban lain. Di Tuban, kata Gananta, diperkirakan pelaku telah melakukan aksi penipuan lebih dari satu kali. Modusnya sama. Yakni, menawarkan bantuan kepada korban yang kebingungan karena kartu ATM tidak terdeteksi mesin.

Perwira kelahiran Bojonegoro ini mengemukakan, modus serupa sebenarnya sudah sering terjadi. Awalnya, pelaku mengganjal lubang kartu di mesin ATM. Memakai alat yang sudah disiapkan. Selanjutnya, pelaku tinggal menunggu korban masuk ke bilik ATM. Mereka baru beraksi setelah melihat korbannya kebingungan karena kartunya tidak bisa masuk dalam mesin.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : yud/ds

Saksikan video menarik berikut ini: