alexametrics

Penantian 9 Tahun, Gubernur Khofifah Berangkat Haji

3 Juli 2022, 18:38:26 WIB

JawaPos.com–Sembilan tahun menanti, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa akhirnya menunaikan ibadah haji. Khofifah berangkat haji pada Minggu (3/7).

Khofifah mengaku telah mendaftar untuk berangkat ke tanah suci bersama sang suami yang telah meninggal dunia. Keduanya mendaftar pada 2013.

”Seluruh warga Jawa Timur yang baik. Mohon doa, Insya Allah saya akan berangkat ke Makkah-Madinah untuk menunaikan ibadah haji, Minggu (3/7),” kata Khofifah pada Minggu (3/7).

Khofifah menyebut bahwa sang suami telah mendaftar haji ke salah satu travel sejak 9 tahun lalu. Namun setahun setelah pendaftaran, dia harus rela ditinggal pria yang dicintainya itu.

”Almarhum suami saya mendaftarkan ke travel haji dan umrah pada 2013. Namun, Allah SWT memanggil pulang suami saya pada 2014,” jelas Khofifah.

Kemudian, Khofifah baru mendapat kabar bisa berangkat ke Tanah Suci pada Mei 2022. Putrinya, Fatimah Mannagalli Parawansa pun menggantikan sang ayah.

”Mei kemarin, saya dan anak pertama saya Ima, mendapat panggilan untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini,” ujar Khofifah.

Sebelum bertolak ke tanah suci, Khofifah berziarah ke makam suami di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Wonocolo. Dia berharap agar pahala hajinya juga bisa mengalir ke sang suami yang sudah wafat. ”Saya berziarah ke makam suami. Bahwa yang beliau daftarkan haji pada 2013, saat ini sudah dipanggil,” ucap Khofifah.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: