alexametrics

Malang Bakal Punya Dua Kampung Warna-warni

3 Juli 2018, 17:10:10 WIB

JawaPos.com – Keberadaan Kampung Warna-warni (KWW) Jodipan cukup dikenal. Bukan hanya tingkat nasional, tetapi juga internasional. Kini, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang akan kembali menciptakan kampung dengan konsep yang sama. Yakni, Kampung Kelir di Jalan Muharto Gang V. Kampung tematik tersebut merupakan kerja sama Pemkot Malang dengan Pramuka Malang Raya.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Kota Malang Abdul Malik mengatakan, setidaknya ada 100 rumah warga di bantaran Sungai Brantas yang bakal dicat warna-warni.

Kampung itu nantinya menjadi duplikat kampung warna-warni. “Ini kan sebenarnya pekerjaan Pramuka Kwarda Jawa Timur zona 3 Malang Raya dari anggaran pemerintah provinsi. Jadi semacam fotokopi kampung warna-warni,” ujar Malik, Selasa (3/7).

Rencananya ada 1.000 anggota Pramuka dari Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu, yang akan turun langsung mengecat kampung tersebut. Pengecatan bakal berlangsung empat hari. Yakni, pada 9-12 Juli mendatang.

Malik mengatakan, goal dari pembuatannya pada kampung warna-warninya. Tapi lebih untuk mengangkat harkat warga Muharto. “Ada pemberdayaan juga agar mereka semakin merasa menjadi bagian dari Kota Malang,” tegasnya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Malang Sutiaji menambahkan, kegiatan tersebut merupakan salah satu pelibatan unsur masyarakat dalam pembangunan kota. “Ini bentuk kerja riil dari teman-teman Pramuka. Kampung Kelir yang dipilih di Muharto. Secara filosofi, kelir bisa dimaknai bermacam-macam warna. Itu indah,” jelas Sutiaji.

Selain itu, tujuan lainnya adalah agar memberikan edukasi secara tidak langsung terhadap perilaku masyarakat. Salah satunya soal menjaga kebersihan, sopan santun dan lain-lain.

Nantinya, masyarakat berinteraksi langsung dengan anak-anak Pramuka. Harapannya ada proses transfer edukasi dari anak-anak Pramuka ke masyarakat. Sehingga Pramuka bisa menularkan virus positif pada warga setempat. “Pramuka kan terkenal dengan disiplin, tidak mudah menyerah, kerja samanya kuat, juga bisa menjadi virus kebaikan di sana,” imbuhnya.

Kedepan, lkampung kelir diharapkan juga bisa menjadi jujukan wisatawan. Seperti halnya Kampung Warna-warni yang sekarang sudah eksis.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (fis/JPC)

Malang Bakal Punya Dua Kampung Warna-warni