JawaPos Radar

BBM Naik, Pakde Karwo Antisipasi Penurunan Daya Beli Masyarakat

03/07/2018, 15:25 WIB | Editor: Yusuf Asyari
BBM Naik, Pakde Karwo Antisipasi Penurunan Daya Beli Masyarakat
Gubernur Jawa Timur Soekarwo (Moh Mukid/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo akan mengambil langkah-langkah taktis atas kebijakan pemerintah melalui PT Pertamina (Persero) yang menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) non subsidi. Soekarwo mengatakan, kenaikan BBM non subsidi tentu akan memberikan dampak pada ongkos distribusi barang dan jasa.

Oleh karena itu, Soekarwo bersama pihak-pihak terkait akan mencari solusi agar kenaikan BBM non subsidi itu tidak berimbas pada daya beli masyarakat. Sebab, jika ongkos distribusi naik, maka harga barang juga pasti akan naik.

"Masih saya rapatkan apa yang bisa kita tekan terhadap ongkos naik itu, kemudian tidak mempengaruhi daya beli. Ini masih kita diskusikan, misalnya faktor apa yang bisa ditekan," kata Soekarwo usai menghadiri sidang Paripurna di DPRD Jatim, Selasa, (3/7).

Meski demikian, Pakde Karwo, sapaan lekat Soekarwo menambahkan, secara umum ada banyak faktor yang menyebabkan kenaikan harga barang. Oleh karenanya, pihaknya harus mengetahui secara pasti variabel kenaikan harga barang tersebut.

"Faktor yang bikin naik itu kan variabelnya banyak, itu yang masih kita cari, kita bicarakan, nanti kalau perlu otoritas Kapolda dan Kejaksaan kita juga ajak bicara. Jadi saya bekerja keras karena menentukan variabelnya," imbuhnya.

Selain itu, Pakde Karwo juga akan melakukan perundingan dengan para pengusaha yang ada di Jawa Timur. Ia menargetkan, semua antisipasi bisa rampung dalam waktu dekat agar tidak memberikan dampak penurunan daya beli masyarakat.

"Segera mungkin, saya lari kencang ini. Doakan semoga saya mampu mengatasi ini," pungkasnya.

Sebelumnya, terhitung sejak hari ini, Minggu 1 Juli 2018. PT Pertamina (Persero) menaikkan harga BBM nonsubsidi. Seperti, Pertamax naik Rp 800, dan Dexlite naik Rp 1000 Perliternya. Sedangkan untuk jenis BBM Pertalite, Premium, dan Solar tidak mengalami perubahan.

(mkd/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up