alexametrics

Siap-Siap Tukar Komodo dengan Satwa Langka Lain

3 Juni 2019, 15:57:23 WIB

JawaPos.com – Komodo menjadi ikon Indonesia. Karena itu, nilai tukarnya di dunia konservasi begitu tinggi. Setara dengan satwa-satwa yang jadi simbol negara lain. Misalnya, panda dari Tiongkok dan jerapah dari benua Afrika.

Di alam liar, komodo termasuk hewan langka. Lembaga konservasi (LK) yang ingin mengoleksi komodo pun tak bisa mengambil langsung dari habitat aslinya. Satu-satunya cara adalah tukar-menukar satwa dengan LK lain.

Masalahnya, LK yang sukses membiakkan komodo hanya Kebun Binatang Surabaya. Februari lalu, KBS berhasil menetaskan 74 komodo. Total populasinya menjadi 142 ekor. Tukar-menukar tak bisa dilakukan karena SK konservasi KBS digugat pengurus lama. Banyak yang sudah mengantre untuk bisa menukarkan hewannya dengan komodo KBS.

”SK konservasi yang baru sudah kami dapatkan kembali. LK-LK lain sudah menghubungi kami,” ujar Dirut Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS Chairul Anwar.

BANYAK PEMINAT: Populasi komodo KBS naik dua kali lipat. Kini satwa dilindungi itu bisa ditukar dengan satwa langka lain yang belum banyak di KBS. (Puguh Sujiatmiko/Jawa Pos)

Banyak kebun binatang atau LK lain di seluruh Indonesia, bahkan luar negeri, yang mengantre untuk bisa menukar komodo. ”Bahkan ada yang membangun kandang, tapi belum bisa menukar karena terganjal SK konservasi,” imbuhnya.

KBS juga membutuhkan koleksi tambahan. Terutama satwa-satwa yang masih jomblo. Di antaranya, jerapah dan zebra. Satwa-satwa itu membutuhkan pasangan untuk pemenuhan animal welfare.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : sal/c18/end


Close Ads