alexametrics

Terdampak Erupsi Merapi, Balita dan Lansia Masih Diungsikan

3 Juni 2018, 19:02:05 WIB

JawaPos.com – Seratusan warga Desa Tlogolele, Kabupaten Boyolali, Jateng terutama balita dan lansia masih diungsikan menyusul terjadinya erupsi gunung Merapi beberapa waktu lalu. Mereka ditempatkan di Tempat Penampungan Pengungsi Sementara (TPPS) yang sudah disediakan.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali terus melakukan pemantauan kondisi di sekitar lokasi rawan bencana. 

Kepala BPBD Kabupaten Boyolali, Bambang Sinungharjo mengatakan, untuk sementara ini para balita dan lansia masih diungsikan. Ini dilakukan sampai kondisi dipastikan benar-benar aman dan memungkinkan.

“Warga yang diungsikan masih ada seratusan terdiri dari balita dan juga lansia,” ungkapnya kepada JawaPos.com, Minggu (3/6). 

Pria yang akrab disapa Sinung ini mengatakan bahwa pengungsian ini akan dilakukan sampai kondisi benar-benar memungkinkan. Sementara itu, para orang tua terutama para lelaki sudah kembali ke rumahnya masing-masing dan melakukan aktivitasnya seperti biasa. Meski begitu, jika nantinya kembali terjadi erupsi maka pihaknya meminta kepada seluruh warga untuk secepatnya mengungsi ke TPPS. 

“Kalau yang lain sudah kembali ke rumah tapi kami terus melakukan pemantauan terkait kondisi gunung Merapi,” ucapnya.

Sampai saat ini, Sinung menambahkan, bahwa kondisi gunung Merapi sudah aman terkendali. Tidak ada erupsi freatik seperti yang terjadi pada Jumat (1/6). Meski begitu, sejumlah personel BPBD tetap diterjunkan ke lokasi rawan untuk memastikan keselamatan dan keamanan warga.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Terdampak Erupsi Merapi, Balita dan Lansia Masih Diungsikan