alexametrics

Kejati Kalsel Dirikan Rumah Keadilan Restoratif di Seluruh Wilayah

3 April 2022, 05:28:55 WIB

JawaPos.com–Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan (Kajati Kalsel) Mukri meminta pendirian rumah restorative justice (keadilan restoratif) di seluruh wilayah kabupaten dan kota. Hal itu untuk memudahkan koordinasi dalam penyelesaian perkara di luar peradilan.

”Dari 13 daerah, saya minta tiap kabupaten dan kota minimal ada tiga rumah restorative justice untuk segera dibangun,” kata Mukri seperti dilansir dari Antara di Banjarmasin.

Untuk pendiriannya, lanjut Mukri, kejaksaan setempat berkoordinasi dengan kepala desa. Sebab, pembentukan rumah restorative justice harus berdasar peraturan desa (perdes) sebagai payung hukum.

Dia menyatakan, keberadaan rumah restorative justice sangat strategis untuk mendamaikan suatu perkara yang sifatnya ringan. Sehingga tidak perlu dibawa ke pengadilan.

”Sepanjang masih bisa diselesaikan di luar pengadilan, jaksa setempat mendorong agar keadilan restoratif diterapkan. Tapi kalau tetap tidak bisa, baru dibawa ke pengadilan untuk tahap penuntutannya,” kata Kajati Mukri didampingi Asisten Tindak Pidana Umum Kejati Kalsel Indah Laila.

Dia menegaskan, pada prinsipnya keadilan sejati bisa diterima kedua belah pihak yang berperkara. Sedangkan proses hukum belum tentu bisa mendapatkan suatu keadilan.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads