alexametrics

Emil Dardak Jadi Ketua Demokrat Jatim, DPC Pertanyakan Keputusan AHY

3 April 2022, 20:58:50 WIB

JawaPos.com–Nama Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak akhirnya muncul sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur. Atas keputusan itu, sejumlah DPC mempertanyakan keputusan DPP (DPP) Partai Demokrat.

Dalam Musyawarah Daerah (Musda) Jatim selain nama Emil Elestianto Dardak, nama Bendahara DPC Partai Demokrat Bayu Airlangga juga muncul. Emil Dardak hanya meraih 13 dukungan DPC berbanding jauh dengan Bayu Airlangga yang meraih 25 dukungan DPC.

Salah satu yang mempertanyakan hal itu adalah Ketua DPC Kota Madiun Istono. Dia menilai keputusan AHY tidak demokratis. ”Saya kira tidak perlu Musda kalau ujungnya ditentukan elite partai. Demokrat yang selama ini menyuarakan pentingnya kepemimpinan yang demokratis di era reformasi, akhirnya tenggelam dengan keputusannya sendiri dalam menentukan ketua di Jatim,” papar Istono pada Minggu (3/4).

Istono meminta AHY menjelaskan kepada 25 DPC pendukung Bayu Airlangga. Misalnya, apa kekurangan menantu mantan Gubernur Jatim Soekarwo tersebut. Apalagi, Bayu lebih lama bergabung dan diklaim loyal kepada Demokrat Jatim.

”Ketum AHY harus menjelaskan kepada kami 25 DPC pendukung Bayu, di mana titik kekurangan Bayu dalam membangun jaringan membesarkan Demokrat Jatim? Benarkah loyalitas Bayu terhadap Ketum dan Demokrat diragukan,” papar Istono.

Dia mengaku mencurigai begal-begal politik yang mewarnai keputusan AHY dalam Musda Demokrat Jatim. ”Ada apa dengan Demokrat Jatim yang merupakan tanah kelahiran Pak SBY? Kami sangat sakit begitu keputusan-keputusan besar yang diambil elite partai tidak mencerminkan nilai-nilai demokratis,” ungkap Istono.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: