alexametrics

Operasikan BRT Makassar, Damri Berharap Bantuan

3 April 2019, 17:46:42 WIB

JawaPos.com – Perum Damri Cabang Makassar mengharapkan bantuan pemerintah untuk tetap mengoperasikan Bus Rapid Transit (BRT) atau Bus Trans Mamminasata. Sebab Damri sudah banyak merugi. Bahkan total kerugiannya mencapai Rp 3 miliar sejak 2014.

“Dari awal, katanya akan dibantu pemerintah provinsi (pemprov) dan pusat. Tapi sampai sekarang, kami harus jalan dengan operasional sendiri,” kata General Manager Damri Cabang Makassar M Ilyas Haryanto, Rabu (3/4).

Karena terus merugi, Damri terpaksa menutup tiga dari lima koridor BRT Makassar. Bahkan demi roda BRT tetap bisa berputar, Damri harus menyalurkan subsidi silang dari bus angkutan umum reguler.

Ilyas menekankan, idealnya pemerintah campur tangan dalam pengoperasian moda transportasi massal. Sebab sarana dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Misalnya, TransJakarta yang setiap tahun dapat suntikan dana dari Pemprov DKI Jakarta. “Bukan Damri yang disubsidi, tapi masyarakat. Kami hanya menjembatani. Karena pemerintah ingin masyarakat terlayani,” tandas Ilyas.

Damri tidak mungkin terus-terusan mengelola BRT Makassar sendirian. Perusahaan berharap bantuan dari pemerintah seperti yang telah dijanjikan. Saat ini, Damri Makassar tengah memikirkan solusi untuk mengatasi kerugian dari pengoperasian BRT setiap tahunnya.

Armada yang tidak beroperasi rencananya dialihkan untuk moda transportasi di luar Makassar. Pemerintah Kabupaten Bulukumba telah mengusulkan agar BRT bisa digunakan mengangkut penumpang dari daerahnya ke Mamuju, Sulawesi Barat.

“Usulan sementara dipertimbangkan, meski belum pasti dijalankan. Kami tetap berkomitmen. Kalau saat ini masih ada yang bisa digerakkan untuk menutupi biaya operasi, kami tutupi,” terang Ilyas.

Salah satu faktor yang mempengaruhi pendapatan BRT adalah hadirnya transportasi online. “Kami akui masuknya angkutan online sangat berpengaruh. Karena orang bisa bepergian sampai ke rumah, bukan turun di halte seperti jika menggunakan bus,” imbuh Ilyas.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Sahrul Ramadan



Close Ads
Operasikan BRT Makassar, Damri Berharap Bantuan