JawaPos Radar

Putaran yang Jadi Biang Kemacetan Kota Cirebon Bakal Ditutup

03/04/2018, 12:53 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Putaran yang Jadi Biang Kemacetan Kota Cirebon Bakal Ditutup
Antisipasi kemacetan, satu jalur persimpangan putar balik arah (U-Turn) di Jalan Cipto MK Kota Cirebon akan ditutup. (Wildan Ibnu Walid/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon bakal memberlakukan bakal menuutup dan hanya membuka satu U-turn atau putaran balik di Jalan Cipto MK. Mengingat putaran balik arah tersebut menjadi salah satu penyebab kemacetan di jalan utama di Kota Cirebon.

Kabid Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan Kota Cirebon, Gunawan menyampaikan, sampai saat ini penanganan kemacetan di jalan-jalan protokol memang menjadi prioritas, utamanya di jalan Cipto MK.

"Hingga saat ini kami terus mencari cara agar kemacetan di jalan utama di Kota Cirebon ini bisa diantisipasi. Salah satunya hanya memberlakukan satu U-Turn di jalan Cipto," ungkapnya, Selasa (3/4).

Konsep pengaturan, Gunawan menggambarkan, beberapa realitas yang terjadi di jalan Cipto. Disebutkan, penyebab kemacetan yaitu, pertama, para pengendara memilih jalan Cipto, memutar ke arah Gunungsari karena ada pusat perbelanjaan.

Kedua, di jalur rawan macet itu, ada dua U-turn untuk memutar balik arah. Tepatnya di depan Koramil Kesambi dan di seberang jalan Sasana Budaya.

Dengan demikian, bagi kendaraan yang akan memutar balik akan terfokus di satu U-turn saja. Gunawan berharap akan membuat jalur menuju Jalan Pemuda ramai lancar, sedangkan jalur menuju arah Gunungsari pun bisa lancar bila dipasang pengaturan rambu lalu lintas.

"Untuk itu, Dishub berencana memberlakukan satu U-turn saja yang dibuka, yaitu di depan Koramil Kesambi. Selain itu, akan dipasang Traffic Light untuk memudahkan pengaturan jalan," ujarnya.

(wiw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up