alexametrics

Pjs Wali Kota Malang Wacanakan Bangun Monorel

3 April 2018, 17:49:52 WIB

JawaPos.com – Kemacetan lalu lintas di Kota Malang semakin parah. Sebagai solusinya, Pemeritah Kota (Pemkot) Malang berencana membangun monorel. Nantinya, monorel ditempatkan di atas pemukiman sehingga mempermudah akses masyarakat.

“Jangka menengah, yang menurut saya patut dilakukan kajian adalah angkutan massal monorel,” ujar Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Malang Wahid Wahyudi di Malang, Selasa (3/4).

Pemilihan monorel sebagai transportasi massal bukan tanpa dasar. Topografi Kota Malang naik turun. Sehingga sarana transportasi yang dibangun harus berada di atas. Monorel menjadi pilihannya. Monorel juga hanya butuh ruang selebar 2 meter untuk perlintasannya.

“Sehingga bisa masuk ke plasa-plasa (mal), bisa berikan akses ke permukiman. Sehingga orang yang mau ke plasa dari permukiman bisa menaiki monorel itu,” lanjut Wahid.

Selain monorel, ada beberapa hal yang akan dilakukan Pemkot Malang terkait masalah kemacetan. Pertama, rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan. “Problem utama di wilayah perkotaan, masalah kemacetan. Pertama akan dilakukan rekayasa lalu lintas,” jelasnya.

Kedua, akan dilakukan evaluasi terhadap trayek angkutan kota. Sebenarnya, trayek sudah ditetapkan sejak lama. Namun masih perlu dievaluasi apakah jaringan trayek perlu diubah. “Terakhir, pembangunan angkutan massal yang bisa dengan mudah diterapkan,” tandas Wahid.

Angkutan massal misalnya minibus. Artinya angkutan kecil bisa diganti minibus. Sementara untuk mengurangi dampak sosial, pemilik atau pengemudi angkutan kecil harus diberdayakan dalam pengoperasian angkutan minibus tersebut.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (fis/JPC)



Close Ads
Pjs Wali Kota Malang Wacanakan Bangun Monorel