alexametrics

Soal Puisi Neno Warisman, Gus Muwafiq: Dia Tidak Ngerti Saja

3 Maret 2019, 18:30:27 WIB

JawaPos.com – Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq turut angkat bicara mengenai puisi Neno Warisman. Menurut ulama nyentrik asal Jogjakarta itu, yang disampaikan Neno dalam puisinya sudah tidak sesuai dengan keadaan yang terjadi sebenarnya.

Gus Muwafiq mengatakan, puisi Neno Warisman adalah doa saat terjadi Perang Badar. Sehingga, tidak pas jika puisi tersebut disamakan dengan kondisi pemilu saat ini dengan Perang Badar.

“Itu bukan mengancam Tuhan, tapi dia tidak ngerti saja. Itu doa Perang Badar ketika menghadapi orang-orang yang melawan Rasulullah,” terangnya kepada JawaPos.com usai memberikan tausiyah di acara Kenduri Nusantara 2019 di Benteng Vastenburg Solo, Minggu (3/3).

Sehingga, Gus Muwafiq melanjutkan, jika doa tersebut diungkapkan melalui sebuah puisi dan dengan kondisi pemilu saat ini jelas tidak akan sesuai. “Kalau dipakai sekarang kan jadinya aneh,” ucapnya.

Ulama Nahdlatul Ulama (NU) itu juga menilai puisi yang dibacakan Neno Warisman itu sebagai ungkapan seorang yang pesimistis. Karena takut kalah (Pemilu) kemudian mengatakan siapa yang akan menyembah-Mu.

Gus Muwafiq pun menyarankan agar kalimat-kalimat pesimistis semacam itu untuk tidak diungkapkan. Menurutnya, orang Indonesia harus memiliki sikap optimistis. Yakin bangsa Indonesia akan maju karena memiliki potensi yang sangat besar. Bangsa Indonesia tidak kalah dengan bangsa lain di dunia.

“Kalimat-kalimat (pesimistis) seharusnya dihindari, Indonesia harus optimistis. Jangan pesimistis, Indonesia akan maju,” tegasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ari Purnomo

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Soal Puisi Neno Warisman, Gus Muwafiq: Dia Tidak Ngerti Saja