alexametrics

KPU Medan Diserang Hoaks Surat Suara Tercoblos 01

3 Maret 2019, 15:00:30 WIB

JawaPos.com – Video berisi terjadinya kericuhan viral di media sosial. Peristiwa di video itu disebut-sebut terjadi di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan.

Video itu diposting oleh akun Facebook Muhamad Adrian. Dia pun menaruh keterangan video yang provokatif. “Memang keparat kau KPU di Sumatera Utara, surat suara sudah tercoblos 01 semua?,” kata Muhamad Adrian dalam keterangan video itu.

Belakangan, diketahui video itu ternyata hoaks alias tidak benar. Setelah ditelusuri, itu adalah video kericuhan yang terjadi di Tapanuli Utara. Video di akun itu saat ditelusuri juga sudah dihapus.

Video yang sama juga diunggah oleh akun facebook Kusmana. Dalam pernyataannya, dia juga menyampaikan keterangan provokatif. “KPU Medan digrebek warga sedang mencoblos surat suara 01. Kecurangan sudah mulai terlihat secara nyata. Keburukan rezim Jokowi dan kualisinya mulai terbongkar. Penguasa bangsat,” ujar Kusmana dalam video yang diunggah Sabtu (2/3).

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Medan Agussyah Damanik langsung memberikan klarifikasi. Mereka membantah ada kerusuhan. Bahkan isu soal surat suara tercoblos juga dianggapp fitnah.

Saat ini, surat suara tersimpan dengan aman di gudang eks Bandara Polonia Medan dan dijaga aparat kepolisian selama 24 jam. “Beredar video seolah-olah terjadi kerusuhan di Kantor KPU Medan. Dan juga diisukan bahwa surat suara Pilpres telah dicoblos. Kami menyatakan informasi itu sama sekali tidak benar. Bahwa kondisi logistik surat suara kita tersimpan aman di gudang eks Bandara Polonia,” kata Agussyah, Minggu (3/3).

Rencananya, kasus ini akan dilaporkan ke kepolisian. Mereka ingin polisi mengusut kasus tersebut.

Agussyah mengimbau, agar masyarakat khususnya warga Kota Medan tidak mudah terpengaruh dengan informasi bohong dan isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya warga Kota Medan agar tidak mudah terpengaruh dengan informasi bohong dan tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang tidak benar. Mari sama-sama kita jaga kondusifitas kota kita ini dengan bersama-sama kita berpikiran positif,”pungkasnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : Prayugo Utomo

KPU Medan Diserang Hoaks Surat Suara Tercoblos 01