alexametrics

Kerugian Gempa Solok Selatan Capai Rp 25,6 Miliar, 480 Rumah Rusak

Trauma, Warga Membutuhkan Bantuan Tenda
3 Maret 2019, 14:45:05 WIB

JawaPos.com – Bencana gempa yang mengguncang Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menimbulkan kerugian hingga Rp 25,6 miliar lebih. Bahkan, jumlah kerusakan rumah juga terus bertambah.

Semula, jumlah rumah warga yang rusak di tiga Kecamatan hanya 398 unit. Namun, setelah terus dilakukan pendataan, terkonfirmasi kerusakan rumah mencapai 480 unit. Selain itu, 15 fasilitas umum, seperti rumah ibadah, puskesmas, hingga sekolah juga dilaporkan rusak akibat gempa.

Kepala BPBD Solok Selatan Johny Hasan Basri mengatakan, secara estimasi kasar perhitungan data sementara berdasarkan kajian kebutuhan pasca bencana hingga kebutuhan rehabilitasi dan rekontruksi, kerugian akibat gempa totalnya mencapai Rp 25,6 miliar lebih.

Gempa Solok Selatan
Rumah yang mengalami kerusakan berat tidak lagi ditempati penghuni. Warga memilih tinggal di tenda sementara ketimbang harus menginap di rumah. (Istimewa)

“Pendataan masih terus dilakukan. Bisa saja masih ada kerusakan yang belum tercatat,” kata Johny Hasan Basri, Minggu (3/3).

Rumah yang mengalami kerusakan berat tidak lagi ditempati penghuni. Warga memilih tinggal di tenda sementara ketimbang harus menginap di rumah. Apalagi, guncangan gempa susulan masih kerap terjadi.

“Tenda yang paling dibutuhkan saat ini. Kami butuh sekitar 30 tenda lagi. Untuk logistik makanan lumayan, karena berbagai bantuan dari pusat hingga daerah lain terus mengalir,” bebernya.

Pihaknya bersama tim relawan juga sudah membuka dapur umum sejak Sabtu (2/3). Dapur tersebut akan terus dibuka hingga kondisi betul-betul pulih. “Pasokan air bersih masih lancar. Yang mendesak itu tenda. Sebab, masih banyak warga trauma dan takut pulang ke rumah,” bebernya.

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria memastikan akan terus fokus mengerahkan semua tenaga untuk membantu korban terdampak gempa. Pihaknya juga telah mengadukan persoalan kekurangan tenda ke BNPB Pusat dan Provinsi. “Semua fokus di daerah terdampak gempa sampai kondisi pulih,” tegasnya.

Sebelumnya, gempa bumi tektonik berkekuatan 5,3 SR mengguncang Solok Selatan Kamis (28/2) sekitar pukul 06.27 WIB. Episenter gempa bumi ini berada di koordinat 1,4 LS dan 101,53 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 36 km arah timur laut Padang Aro, Kabupaten Solok Selatan pada kedalaman 10 km.

Bencana alam ini merusak sebanyak 480 unit rumah warga hingga belasan fasum. Mulai dari sekolah hingga rumah ibadah yang tersebar di tiga Kecamatan. Selain itu, 55 warga juga dilaporkan mengalami luka-luka. Beruntung, peristiwa ini tidak menelan korban jiwa.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Riki Chandra

Close Ads
Kerugian Gempa Solok Selatan Capai Rp 25,6 Miliar, 480 Rumah Rusak