alexametrics

Belum Semua Ritel di Jakarta Terapkan Kantong Plastik Berbayar

3 Maret 2019, 06:35:33 WIB

JawaPos.com – Penerapan kantong plastik berbayar minimal seharga Rp 200 ternyata belum sepenuhnya diterapkan di seluruh ritel di Ibukota Jakarta. Hal ini dibuktikan pada penelusuran JawaPos.com kepada beberapa ritel.

Beberapa toko yang sudah menerapkan aturan ini seperti toko Ace Hardware di kawasan Jakarta Selatan. Para pelanggan pun terlihat ada yang menerima dan juga membawa kantong belanjaan sendiri.

“Oh iya sudah berbayar Rp 200 per 1 plastik. Itu kami mulai 1 Maret, sudah kita sampaikan juga ke customer,” tutur kasir Ace Hardware, Dika saat ditemui JawaPos.com, Sabtu (2/3).

Begitupula dengan pusat perbelanjaan Lotte Mart, yang telah menerapkan plastik berbayar dengan harga yang sedikit lebih tinggi. “Mau pakai plastik kami kenakan Rp 300. Sudah dari kemarin (1/2) ya,” tutur kasir Lotte Mart, Lia.

Hal ini pun telah diterapkan dengan baik pada pusat perbelanjaan Aeon Mall BSD yang diketahui konsisten menerapkan sejak 2017. Tidak hanya itu, Ranch Market di Bintaro XChange Mall pun melakukan hal yang sama.

Namun untuk tiga ritel yang paling akrab dan dekat masyarakat seperti Alfamidi, Alfamart dan Indomaret nyatanya juga belum semua menerapkan kantong plastik berbayar. Dari ketiganya baru Alfamart yang sudah menerapkan kebijakan itu dengan harga Rp 200.

“Oh berbayar nggak, kami belum ya. Kalau Alfamart sudah sejak kemarin Rp 200. Bisa saja tekor sebenarnya, kalau lima kantong saja sudah Rp 1.000,” jelas kasir Alfamidi kawasan Jakarta Barat, Ayunda.

“Oh di kita sih belum, aturannya juga belum dengar ya,” jelas kasir Indomaret Grahma di kawasan Senen, Jakarta Pusat.

Sebelumnya, Asosiasi Pengusaha Ritel (Aprindo) menyatakan dukungannya terhadap visi pemerintah Indonesia untuk bisa mengurangi 30 persen sampah dan menangani sampah sebesar 70 persen termasuk sampah plastik pada 2025.

Komitmen bersama itu dilakukan dengan mengurangi kantong belanja plastik sekali pakai atau kresek di semua gerai-gerainya. Salah satu caranya yaitu kembali menerapkan kebijakan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG) secara bertahap mulai 1 Maret 2019.

“Ini adalah langkah nyata dari gerai ritel modern untuk mengajak masyarakat agar menjadi lebih bijak dalam menggunakan kantong belanja plastik sekaligus menanggulangi dampak negatif lingkungan akibat sampah plastik,” ujar Ketua Umum Aprindo Roy Mandey, Jumat (1/3).

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Reyn Gloria

Copy Editor :

Belum Semua Ritel di Jakarta Terapkan Kantong Plastik Berbayar