alexametrics

Menteri Kesehatan: Pelayanan Kesehatan Perlu Dibenahi

3 Maret 2018, 16:25:15 WIB

JawaPos.com – Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pelayanan kesehatan di seluruh Rumah Sakit perlu pembenahan. Hal ini melihat masih banyaknya masyarakat Indonesia yang memilih untuk berobat ke luar negeri.

“Perlu intropeksi apakah ada yang salah dengan pelayanan kita. Ada yang salah dengan kualitas kita atau karena tidak ada inovasi,” kata Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Farid Moeloek saat berkunjung di RS Akademik (RSA) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta,Sabtu (3/3).

Rumah sakit, menurutnya masih harus berjuang untuk bisa terus bersaing dengan yang ada di luar negeri. Agar ke depannya tak kalah terutama dalam segi kualitas SDM. “Perlu memikirkan SDM-nya untuk meningkat lagi. Tidak hanya melayani tetapi kualitas itu penting,” ucapnya.

Selain berkunjung ke RSA UGM, Menkes juga menyempatkan ke RSUP Dr Sardjito Yogyakarta. Dalam kunjungan tersebut, ia melihat beberapa fasilitas seperti bangsal perawatan dan ruang jantung terpadu.

Dari kunjungan itu, menurutnya rumah sakit saat ini kondisinya sudah berbeda. Ia menganggap lebih manusiawi dibandingkan masa silam. “Bagus sekali, saya apresiasi. Anda lihat rumah sakit zaman baheula. Rumah sakit manusiawi sekarang,” katanya.

Saat ini, SDM memang sudah cukup bagus. Namun, akan sangat sia-sia jika nantinya tak diikuti dengan sarana atau alat kesehatan yang juga mumpuni. “SDM ada, sarana kita lengkapi, gak perlu (berobat ke rumah sakit) ke luar negeri lagi,” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (dho/JPC)

Menteri Kesehatan: Pelayanan Kesehatan Perlu Dibenahi