alexametrics

Sempat Tertahan, Wisatawan Karimunjawa Akhirnya Dapat Dipulangkan

3 Januari 2019, 16:38:08 WIB

JawaPos.com – Ratusan wisatawan yang tengah berlibur di Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara dilaporkan terjebak tak bisa meninggalkan pulau. Mereka tertahan di sana selama beberapa hari karena ombak tinggi Laut Jawa sehingga tak diizinkan menyeberang.

Sekretaris Camat Karimunjawa, Nur Soleh mengatakan, ada 244 wisatawan yang tertahan di sana. Ia berujar bahwa rata-rata mereka tertahan sejak Jumat-Minggu kemarin. Karena sebelumnya ingin menikmati liburan akhir tahun di Surga Tersembunyi Jawa Tengah itu.

Kendati demikian, ia memastikan mereka bakal segera bisa pulang setelah kapal Karimujawa-Jepara mendapatkan izin menyeberang dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). “Jadwal kapalnya besok pagi,” katanya, Kamis (3/1).

Dikatakan Nur, para wisatawan itu bakal menyeberang dengan menumpang dua buah kapal. Yakni KMP Siginjai dan Ekpress Bahari. Rabu (2/1) kemarin juga sudah ada 122 wisatawan yang meninggalkan lokasi dan terbang menuju Semarang.

“Tapi masih ada 244 orang yang tidak mau dengan alasan kendaraannya dititipkan di Jepara,” terang Nur lagi. Selain itu, memang tak ada layanan pelayaran Jepara-Karimunjawa atau sebaliknya sejak Senin (31/12) kemarin karena dihentikan. Mengingat ombak mencapai 2,5 meter lebih.

Situasi ini, kata Nur, juga berdampak pada angka kunjungan ke Karimunjawa selama musim liburan Natal dan Tahun Baru akhir Desember 2018 kemarin. Di mana menurutnya jumlah wisatawan merosot sekira 2 sampai 3 ribu orang.

Kata Nur, banyak wisatawan yang memperhatikan informasi BMKG terkait ombak tinggi di laut Jawa. “Ada juga wisatawan yang takut setelah kejadian tsunami di Selat Sunda lalu. Jadi sedikit menurun,” tandasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (gul/JPC)


Close Ads
Sempat Tertahan, Wisatawan Karimunjawa Akhirnya Dapat Dipulangkan