alexametrics

Laporan Dana Kampanye, Perindo Terbanyak, Golkar dan PKPI Rp 0

3 Januari 2019, 21:56:47 WIB

JawaPos.com – Partai Perindo menjadi partai politik peserta pemilu di Jawa Tengah yang menerima sumbangan paling besar. Hal itu terungkap melalui Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) yang baru saja dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, Kamis (3/1).

Berdasarkan laporan dari KPU itu, Perindo memperoleh total sumbangan Rp 1.819.615.201 disusul PKB sebesar Rp 1.735.246.500. Selanjutnya Partai Demokrat sebesar Rp 1.202.440.588 dan dilanjutkan dengan 13 parpol sisanya.

“Sedangkan penerimaan terkecil adalah Partai Golkar dan PKPI dengan besar sumbangan Rp 0,” tulis Komisioner KPU Jateng Divisi Hukum dan Pengawasan, Muslim Aisha pada laporan itu, Kamis (3/1).

Laporan tersebut juga mencantumkan sumbangan yang diterima calon DPD di Jateng. Di mana dari total 20 orang, hanya 19 saja yang menyampaikan laporannya.

Penerimaan dana kampanye untuk calon DPD tersebesar adalah Rp 372.083.704,67 atas nama Darwito. “Sedangkan penerimaan sumbangan terkecil Rp 0 atas nama Joko J. Prihatmoko, M. Abdul Rohim dan Solehin,” sambungnya.

Muslim menerangkan, KPU Jateng secara resmi telah mengumumkan hasil LPSDK yang diterima oleh seluruh peserta pemilu di Jateng melalui website, papan pengumuman atau sarana lainnya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk transparansi proses dan hasil pelaksanaan tahapan pemilu, khususnya yang terkait dana kampanye.

“Harapannya masyarakat mengerti, memahami dan selebihnya menjadi bagian dari edukasi pemilih dan peningkatan partisipasi politik dalam pelaksanaan pemilu 2019,” tutupnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (gul/JPC)

Laporan Dana Kampanye, Perindo Terbanyak, Golkar dan PKPI Rp 0