alexametrics

Kembangkan UMKM, Jatim Kerja Sama dengan Sumsel

2 Desember 2020, 20:09:25 WIB

JawaPos.com–Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus mengembangkan perekonomian dengan bekerja sama dengan Biro Perekonomian Sumatera Selatan (Sumsel). Kerja sama itu difokuskan pada pengembangan potensi UMKM daerah.

Penjajakan kerja sama itu berlangsung di Palembang pada Selasa (1/12). Ada beberapa BUMD yang ikut serta pada pertemuan itu, salah satunya Bank UMKM Jawa Timur.

Pada awal pertemuan, masing-masing provinsi memaparkan potensi dan peluang yang dimiliki. Biro Perekonomian Pemprov Sumsel mengurai potensi karet. Ada 1,3 juta hektare kebun karet yang dimiliki Sumsel. Pemanfaatannya masih bisa dimaksimalkan. Di sisi lain, Jawa Timur memiliki banyak industri yang membutuhkan bahan baku karet. Peluang tersebut bisa digarap kedua provinsi tersebut.

Menurut Kepala Biro Perekonomian Pemprov Jatim Tiat S. Suwardi, pihaknya berharap kerja sama itu berlangsung dalam jangka panjang. ”Kami optimistis, banyak manfaat yang bisa diambil,” ujar Tiat.

Kedua provinsi bisa saling melengkapi kekurangan. Tujuannya kelangsungan industri dan pengembangan pertumbuhan ekonomi. Jawa Timur dan Sumsel sepakat program kerja sama akan terus dikembangkan di berbagai sektor.

Direktur Bank UMKM Jawa Timur Yudhi Maharani menyambut di positif kerja sama tersebut. Bank UMKM memiliki binaan usaha yang membutuhkan bahan baku karet. Harapannya, kerja sama ini bisa menjembatani kebutuhan mereka. ”Ini langkah awal yang baik untuk pengembangan industri di Jawa Timur,” ucap Yudhi.

Dia juga yakin, kerja sama antar dua provinsi akan memberi banyak manfaat. Terdapat kebutuhan bahan baku yang tersubstitusi dari masing-masing provinsi. Dengan begitu, pelaku usaha di Jawa Timur memiliki banyak pilihan dalam mencari bahan baku. ”Otomatis, biaya produksi bisa ditekan,” terang Yudhi.

Pemprov Sumsel memberi kesempatan luas untuk berinvestasi. Peluang dan potensi yang dimiliki Sumsel masih bisa dimaksimalkan. Lahan untuk industri masih tersedia. Pemerintah setempat berharap kerja sama tersebut juga bisa meningkatkan investasi.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: