alexametrics

Pedagang Raup Untung Saat Reuni 212, Segini yang Didapat

2 Desember 2018, 12:04:13 WIB

JawaPos.com – Kegiatan Reuni 212 digelar di Monas dan Masjid Istiqlal Minggu (2/12) menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang. Mereka ambil kesempatan emas untuk menjajakan barang dagangannya mulai dari makanan dan minuman, hingga pakaian.

Sejumlah pedagang mengaku banyaknya massa yang hadir dalam kegiatan tersebut merupakan kesempatan emas untuk menjajakan dagangannya. Dinur, 31, salah satunya. Dirinya menjajakan pakaian yang murah meriah, sehingga banyak yang mampir ke tempatnya berdagang.

“Dagang celana sirwal, baju koko, dan gesper Betawi. Kisaran paling murah Rp 35 ribu sampai Rp 80 ribu,” ujar Dinur pada JawaPos.com di depan Masjid Istiqlal, Minggu (2/11).

Pedagang Raup Untung Saat Reuni 212, Segini yang Didapat
Pedagang menjajakan dagangannya di sekitar kawasan Masjid Istiqlal, Minggu (2/12). (Gobang Mahardhika/JawaPos.com)

Dirinya sengaja datang dari daerah Priok, Jakarta Utara membawa barang dagangan milik saudaranya. Dengan berjualan di kawasan Masjid Istiqlal pada hari ini keuntungan yang didapatnya bisa sampai dua atau tiga kali lipat dari hari biasa ia berdagang.

“Alhamdulillah saja. Yang penting cukup buat istri, buat keluarga. (keuntungan) bisa sekitar Rp 500 ribu sampai Rp 600 ribu. Kalau acara biasa Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu,” ungkap Dinur.

Selain Dinur, pedagang lain yang berusaha mendapatkan kesempatan emas berdagang di area reuni 212 adalah Andi Hakim, 30, seorang pedagang bakwan malang. Ia datang dari kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Keuntungannya ya mungkin bisa dua kali lipatnya. Kalau hari biasa kadang Rp 200 ribu normalnya. Kadang Rp 150 ribu kalau lagi sepi,” kata Andi.

Andi mengaku jika keuntungan yang didapatnya dari berdagang di kawasan tersebut untuk dirinya pulang kampung. “Kalau kayak gini ya Alhamdulillah, mudah-mudahan lebih buat pulang kampung. Bisa dua atau tiga kali lipatnya,” tuturnya.

Kendati demikian, Andi juga menerangkan bahwa dirinya hingga saat ini belum memejamkan matanya untuk beristirahat. Seusai berdagang kemarin. Dirinya dan teman-teman satu profesinya, langsung mengolah bahan-bahan untuk sengaja dijajakan di kawasan tersebut.

“Abis jualan kemarin sampai sekarang belum tidur ini mas. Saya pulang kemarin langsung olah bahan untuk dijual hari ini di sini. Nggak apa-apa sih, yang penting mudah-mudahan jadi berkah buat saya,” pungkasnya.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (dik/JPC)


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Pedagang Raup Untung Saat Reuni 212, Segini yang Didapat