alexametrics

Nusantara Maradang Ajang Promosi Rendang yang Kian Mendunia

2 Desember 2018, 16:04:52 WIB

JawaPos.com – Rendang adalah kuliner khas Ranah Minang. Nyaris, panganan lezat berbahan daging sapi ini telah menjelajah semua lidah Nusantara. Pemprov Sumbar pun serius mengangkat rendang sebagai makanan khas yang paling enak.

Buktinya, Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar mengutus 20 pelaku usaha kecil menengah (UKM) dari berbagai jenis rendang mengikuti festival “Nusantara Marandang” di Parkir Timur Senayan, Gelora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (2/12).

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, Festival Nusantara Marandang yang akan ditabuh sore ini adalah salah satu bentuk promosi rendang ke penjuru dunia. Apalagi, rendang saat ini telah menjadi oleh-oleh wisatawan ketika berkunjung ke Sumbar.

“Kelezatan rendang bisa dinikmati siapa saja,” kata Irwan.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar Zirma Yusri mengatakan, sebanyak 20 pelaku UKM berasal dari berbagai daerah. Mulai Kota Padang, Padang Panjang, Payakumbuh, Solok, Bukittinggi, Kabupaten Limapuluh Kota, Pesisir Selatan, Solok Selatan, Solok, dan Tanah Datar.

“Mereka adalah pelaku usaha dari berbagai jenis rendang di Sumbar. Ada Rendang Daging, tuna, lele, paru, jengkol, paku, ayam dan sebagainya,” kata Zirma Yusri saat dihubungi, Minggu (2/12).

Pelaku usaha rendang ini nantinya, lanjut Zirma, akan disiapkan stand khusus. Pelaku usaha menjual rendang kemasan dan rendang siap santap beserta nasi maupun ketan.

Menurutnya, usaha rendang di Sumbar terus mengalami perkembangan yang sangat baik. Sebab, selain enak, keutamaan tahan lama juga menjadi daya tarik bagi pelaku usaha maupun para pembeli.

“Dari catatan kami, ada sekitar 200 lebih pelaku usaha rendang yang sudah berkembang di Sumbar,” katanya.

Di sisi lain, sebanyak 20 UKM yang akan memanjakan lidah pengunjung di festival Nusantara Marandang itu yakni, Randang Padang (Ika Boga), Randang Katuju, Asese, Bundo Limbago, Randang Cik Ani, Tuna (Adiza Snack), Mizaki, Dania, Yen, Bundo, Uni Via, Uni Adek, Rumah Gadang, Lele, Uni Lili, Aina, Hj. Fatimah, Belut Amai, Paru dan Belut Amaey.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (rcc/JPC)



Close Ads
Nusantara Maradang Ajang Promosi Rendang yang Kian Mendunia