alexametrics

Polisi Gagalkan Penyelundupan Tiga Tengkorak

2 November 2017, 22:49:23 WIB

JawaPos.com – Polisi berhasil mengamankan tiga buah tengkorak yang diduga merupakan kepala manusia, yang akan dibawa ke luar Kota Timika, melalui jasa penerbangan. Tiga tengkorak yang diduga kepala manusia, ini diamankan pada Selasa (31/10) lalu saat melewati X-Ray Bandara Mozes Kilangin.

Data yang dihimpun Radar Timika (Jawa Pos Group) di lapangan, kronologis penemuan barang tersebut berawal saat barang yang dikirim via jasa cargo salah satu maskapai penerbangan ini, melewati proses pemeriksaan X Ray di Bandara Mozes Kilangin.

“Di dalam surat jalannya tertulis tujuan Ujung Pandang. Namun setelah dilakukan pemeriksaan surat jalan itu ditulis isinya sarang semut, buah merah dan baju ukiran Asmat. Namun setelah dilakukan pengecekan di X Ray, ternyata barang itu mencurigakan sehingga petugas keamanan bandara mengamankan dan membongkar bungkusan barang, yang rencananya mau di kirim ke Denpasar, Bali,”kata sumber terpercaya yang enggan menyebut namanya.

Kemudian setelah ditemukan barang tersebut, pihak keamanan bandara langsung melaporkan hal tersebut ke Polsek KP3 Kawasan Bandara Mozes Kilangin, dan kemudian dilakukan pemeriksaan yang dipimpin langsung olah Kasat Reskrim Polres Mimika, AKP Dionisius VDP Helan, SIK.

Dan dari hasil pemeriksaan diketahui, tiga tengkorak yang diduga kepala manusia ini, milik Warga Negara Asing (WNA) berkebangsaan Jerman yang berinisial Dr WFW.

Kapolres Mimika, AKBP Victor D Mackbon yang ditemui wartawan, Rabu (1/11) mengatakan, kasus tersebut masih dilakukan proses penyelidikan.

“Iya kemarin itu (Selasa, red) ada upaya pengiriman tiga tengkorak yang diduga kepala manusia. Sementara masih kita lakukan upaya penyelidikan terkait dengan permasalahan ini,”kata Kapolres.

Sebab menurutnya, setiap barang yang akan dibawa keluar daerah harus berdasarkan aturan hukum yang berlaku.

“Tentunya setiap barang yang keluar masuk itu harus ada aturannya, dan ini yang perlu kita dalami. Jangan sampai ini menjadi hal yang bisa berdampak luas. Dan sementara ini kita masih lakukan pemeriksaan terhadap orang yang membawa sambil menunggu fakta-fakta hukum. Baru dua saksi yang kita periksa untuk permasalahan ini,”ucapnya.

Editor : admin

Reporter : (sad/jpg/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:

Polisi Gagalkan Penyelundupan Tiga Tengkorak