JawaPos Radar

Pemkab Samosir dan Banyuwangi Kolaborasi Kembangkan Pariwisata di Toba

02/09/2018, 22:05 WIB | Editor: Budi Warsito
Pemkab Samosir dan Banyuwangi Kolaborasi Kembangkan Pariwisata di Toba
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas bersama Bupati Samosir, Rapidin Simbolon dalam seminar sehari pengembangan pariwisata. (Prayugo Utomo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas terlihat di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Azwar tampak mendampingi Bupati Samosir, Rapidin Simbolon saat membuka even Grand Fondo New York (GFNY) Championship Asia, di Samosir.

Ternyata kehadiran Azwar dalam rangka pembahasan penting. Dimana Samosir dan Banyuwangi akan berkolaborasi mengembangkan pariwisata. Bagi kedua kabupaten ini, pariwisata memang sangat penting. Kerena sebagian besar Pendapatan Asli Daerah (PAD) mereka berasal dari sana.

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon mengatakan, kunjungan Azwar ke Samosir adalah kunjungan balasan. Sebelumnya, Pemkab Samosir telah menyambangi Kabupaten Banyuwangi pada Maret lalu. Kerjasama antar keduanya, saat ini sedang dibangun lewat sebuah perjanjian.

Pemkab Samosir dan Banyuwangi Kolaborasi Kembangkan Pariwisata di Toba
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas bersama Bupati Samosir, Rapidin Simbolon. (Prayugo Utomo/JawaPos.com)

"Kami senang, karena Banyuwangi bersedia berbagi pengalamannya ke Samosir. Tidak hanya masalah pariwisata, namun pelayanan publik lainnya. Karena di sana ada Mal Pelayanan Publik yang sangat efektif melayani warga," kata Rapidin.

Samosir pun menggelar forum pengembangan daerah yang diikuti seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) se-Samosir. Dalam forum itu, Azwar didapuk jadi pemateri.

Azwar mengupas habis soal pariwisata di daerahnya. Mulai dari membuka mobilitas transportasi udara, peningkatan amenitas alias fasilitas penunjang wisata, penataan SDM, partisipasi rakyat dalam pariwisata, hingga memacu beragam atraksi seni-wisata.

“Sengaja kami buatkan forum, agar virus kreatif Banyuwangi bisa menyebar ke jajaran kami. Sehingga, bisa berinovasi mengembangkan layanan publik dan pariwisata daerah kami," ujar Rapidin.

Sedangkan Bupati Banyuwangi, Azwar Anas memuji keindahan Pulau Samosir dan Danau Toba. Menurutnya, sangat tepat bila pemerintah pusat menetapkan kawasan Danau Toba sebagai prioritas pengembangan pariwisata.

"Danau Toba dengan keunikan Pulau Samosir mampu menggambarkan keindahan alam Indonesia. Pantaslah disebut sebagai kepingan surga. Dukungan pemerintah pusat ke kawasan Toba ini sangat tepat. Saya juga belajar tentang pariwisata di Danau Toba yang tersohor dan menjadi kebanggaan Indonesia ini. Target satu juta wisman ke Danau Toba pasti bisa terwujud dengan pesona yang luar biasa ini," ujarnya.

Azwar berharap, kolaborasi yang telah dijalin ini bisa memberi manfaat bagi kedua daerah. Apalagi Danau Toba dan Banyuwangi kini masuk delapan destinasi prioritas pengembangan wisata pemerintah pusat.

"Saya berharap pelaku wisata kedua daerah bisa berkolaborasi menggaet wisatawan. Apalagi menuju Banyuwangi dari Samosir juga relatif mudah. Ada lima kali direct flight dalam sehari rute Jakarta-Banyuwangi. Saya yakin kolaborasi ini bisa diwujudkan," tambah Azwar.

Dalam kesempatan tersebut, Azwar diangkat menjadi warga kehormatan di Samosir. Hal ini ditandai dengan pengalungan kain Ulos bersama sang istri, Ipuk Fiestiandani, oleh Bupati Rapidin.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya lewat keterangan tertulisnya, menyambut baik kerjasama tersebut. Arief yakin, kerjasama tersebut akan mempercepat progres pengembangan pariwisata Danau Toba. Terlebih pembelajaraannya langsung dari sumbernya yaitu Bupati Azwar Anas.

Ditangan Azwar, kini Banyuwangi telah bertransformasi menjadi sebuah daerah yang sukses mengembangkan pariwisatanya.

"Ini merupakan salah satu bukti spirit Indonesia Incorporated. Semua mempunyai goal yang sama. Semua bahu membahu bekerjasama menjadikan pariwisata sebagai leading sektor ekonomi bangsa. Spirit menjadikan Indonesia menjadi negara yang terbaik di industri periwisata, itu kuncinya," ujar Menpar, Arief Yahya.

(pra/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up