JawaPos Radar

Kloter Pertama Medan Tiba di Kualanamu, 1 Jamaah Meninggal

02/09/2018, 21:30 WIB | Editor: Budi Warsito
Kloter Pertama Medan Tiba di Kualanamu, 1 Jamaah Meninggal
Jamaah haji kloter pertama embarkasi Kota Medan tiba di Bandara Kualanamu,Minggu (2/9) petang. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Jamaah haji asal Kabupaten Langkat, Sumatera Utara menjadi kloter pertama debarkasi Kota Medan yang tiba di tanah air. Jamaah yang berjumlah 391 orang itu, tiba di Bandara Kualanamu, Deli Serdang sekitar pukul 15.59 WIB, Minggu (2/9).

Jamaah menumpang Pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA-3201. Pesawat harusnya tiba lebih awal. Namun karena kepadatan di Bandara King Abdul Aziz, Arab Saudi , pesawat mengalami sedikit keterlambatan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, seorang jamaah kloter 1 meninggal dunia. Jamaah tersebut bernama Samingan Abdullah bin Samingan, seorang laki-laki berusia 77 tahun yang tinggal di Kecamatan Babalan, Langkat.

Kloter Pertama Medan Tiba di Kualanamu, 1 Jamaah Meninggal
Jamaah haji kloter pertama embarkasi Kota Medan tiba di Bandara Kualanamu,Minggu (2/9) petang. (Istimewa)

Bupati Langkat, Ngongesa Sitepu, bersama pelaksana tugas Kemenag Sumut yang juga Katua PPIH Debarkasih Medan Tengku Darmansyah langsung menyambut kedatangan jamaah.

Begitu turun dari pesawat, para jamaah melakukan sujud syukur. Mereka bersyukur karena bisa tiba di Indonesia dengan selamat.

Kedatangan para jamaah mendapat pengawalan ketat dari otoritas Bandara Kualanamu dan petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Kualanamu.

Bahkan, petugas KKP Bandara Kualanamu menempelkan stiker segel di pintu bus. Segel itu baru akan dibuka setelah jamaah tiba di Asrama Haji Kota Medan.

Para jamaah haji juga harus terlebih dahulu menjalani body clean (pembersih body) serta dilakukan pemeriksaan kesehatan bagi jamaah haji yang suhu badannya rendah maupun tinggi oleh tim medis.

Plt Kakanwil Kemenag Sumut yang juga Ketua PPIH Debarkasih Medan, Tengku Darmansyah mengatakan, saat awal berangkat, kloter satu membawa 388 orang. Namun saat ini bertambah empat orang yang mengisi dua seat kosong dan dua orang mutasi.

"Ada sedikit perubahan, karena ada yang mutasi, seat kosong dan meninggal dunia," katanya.

Berdasarkan data dari pihak PPIH Debarkasih Medan, saat ini tercatat ada 11 jamaah haji asal debarkasi Medan yang meninggal dunia. Sampai saat ini, ada 7.933 jmaah haji asal debarkasi Medan yang berada di tanah suci Mekkah.

(pra/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up