alexametrics

Heboh Rombongan TKA Tiongkok Menuju Kalsel, Begini Penjelasan Imigrasi

2 September 2018, 22:11:00 WIB

JawaPos.com – Imigrasi Kalimantan Selatan (Kalsel) akhirnya angkat bicara menanggapi kabar yang beredar soal masuknya Tenaga Kerja Asing (TKA) Tiongkok dalam rombongan besar. Kabar tersebut awalnya beredar melalui video viral yang memperlihatkan rombongan warga Tiongkok dari Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, menuju Bandara Syamsudin, Banjarbaru, Kalsel, Selasa (28/8) lalu.

Kepala Divisi Keimigrasian Kalsel Dodi Karnida mengakui bahwa dugaan bahwa mereka adalah rombongan tenaga kerja asing (TKA) benar adanya. “Jumlahnya 30 orang,” kata Dodi sebagaimana dikutip dari Prokal.co.

Penelusuran dilakukan pihak Keimigrasin dengan melihat daftar penumpang penerbangan domestik yang membawanya. Kemudian dicocokkan dengan data perlintasan internasional yang dimiliki Imigrasi.

Menurut Dodi, soal status visa TKA tersebut, para TKA tersebut memiliki Visa Tinggal Terbatas (Vitas) dari kedutaan Republik Indonesia di Republik Rakyat Tiongkok (RRT). “Ini merupakan visa untuk bekerja selama satu tahun (B-312). Mereka dipastikan minggu depan melapor ke Kantor Imigrasi Banjarmasin,” terangnya.

Pelaporan tersebut, lanjut Dodi, dilakukan agar para TKA ini mendapatkan Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas). “Nanti mereka harus mengisi formulir isian data, serta diambil foto dan sidik jarinya,” tambahnya.

Dodi menambahkan, mereka adalah TKA baru, menggantikan TKA yang sudah habis masa kontrak dan telah pulang ke RRT. “Informasinya adalah operator alat berat yang beroperasi di bawah tanah dengan risiko keselamatan, sehingga harus memiliki keahlian yang lengkap,” ujarnya.

Terakhir, kata Dodi, di Kalimantan Selatan tidak banyak perusahaan yang menggunakan TKA dalam jumlah besar. “Dari sekitar dua puluhan perusahaan yang menggunakan TKA, hanya pabrik semen dan pertambangan batubara saja yang jumlahnya ratusan,” pungkasnya.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : (fab/jpg/JPC)

Heboh Rombongan TKA Tiongkok Menuju Kalsel, Begini Penjelasan Imigrasi