alexametrics

Bromo Terbakar, Puluhan Hektar Hutan Hangus

2 September 2018, 15:05:43 WIB

JawaPos.com – Kebakaran hutan terjadi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Si jago merah melahap puluhan hektare hutan yang masuk di kawasan Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. 

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun JawaPos.com, kebakaran terjadi sejak Sabtu (1/9) siang. Api dengan cepat melahap kawasan blok Watu Gede Jemplang yang masuk wilayah Desa Ngadas. 

Kemudian, api dengan cepat merambat ke Blok Teletubbies dan savana yang merupakan perbatasan wilayah Kabupaten Malang dengan Kabupaten Probolinggo. 

Bromo Terbakar, Puluhan Hektar Hutan Hangus
Polisi dan TNI serta warga memadamkan api yang membakar wilayah TNBTS di Ngadas. (Tika Hapsari/JawaPos.com)

“Api yang membakar kawasan Desa Ngadas dapat dipadamkan Sabtu (1/8) sore,” kata Kapolsek Poncokusumo, AKP Agus Siswo Hariadi, kepada JawaPos.com, Minggu (2/9).

Meskipun api di wilayah Ngadas dapat dipadamkan, namun anggota Polres Malang, dipimpin oleh Wakapolres yang baru sehari dilantik, Kompol Yhogi Hadi Setiawan, tetap melakukan upaya proses pemadaman lanjutan, Minggu (2/9). 

Dipimpin Yhogi, ratusan orang yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Damkar, TNBTS dan warga Ngadas, melakukan proses pemadaman lanjutan.  Mereka memadamkan api dengan menggunakan air dari mobil tangki berkapasitas 4.000 liter.

Pemadaman ini berlangsung cukup lama. Sejak Minggu pagi, hingga menjelang sore, api benar-benar bisa dipadamkan. 

Usai dialkukan proses pemadaman, khususnya di lokasi yang berada di Desa Ngadas, selanjutnya dilakukan proses moping up atau pemadaman api sisa. Tim Damkar Manggala AGNI Brigade Pengendali Kebakaran Hutan yang bertugas moping up.

Berdasarkan hasil asesment, luas area hutan TNBTS yang terbakar yang berada di wilayah Ngadas, sekitar 20 hektar. Lahan hutan ini terdiri dari  tanaman akasia, cemara dan semak belukar.

Hingga berita ini ditulis, masih belum diketahui pasti penyebab kebakaran yang menghanguskan puluhan hektar hutan itu.

“Api sudah padam, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu,” tandas dia.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (tik/JPC)

Bromo Terbakar, Puluhan Hektar Hutan Hangus