JawaPos Radar

Natuna Jadi Prioritas Pengamanan

02/08/2018, 16:15 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Yudo Margono
Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) 1, Laksamana Muda TNI Yudo Margono. (Bobi Bani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Natuna mendapat perhatian khusus dibanding enam kabupaten/kota di Kepulauan Riau (Kepri) lainnya. Sebab Natuna berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan. Daerah tersebut rawan terjadi tindak kejahatan. Seperti penyelundupan dan pencurian ikan.

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) 1 Laksamana Muda TNI Yudo Margono mengatakan, Natuna telah mengalami beberapa peningkatan terkait pengamanan. Terutama untuk mendukung tugas TNI AL dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Kini, di Kabupaten Natuna telah dibangun dermaga besar yang mampu menampung bersandarnya satu satuan tugas. Hadirnya fasilitas tersebut tentu memberi banyak kemudahan bagi TNI.

"Panglima (Marsekal TNI Hadi Tjahjanto) mengamanatkan untuk menambah sistem pertahanan di Natuna. Sehingga kami bangun dermaga dan fasilitas lainnya," kata Margono seusai latihan perang di Pantai Tanjung Todak, Lingga, Kamis (2/7).

Kemudian untuk memaksimalkan fungsi pertahanan di Natuna, Koarmada 1 juga menggelar latihan perang. Kegiatannya berupa latihan Komando Tugas Gabungan Laut, menyesuaikan dengan kawasan Natuna yang terbuka dengan gelombang cukup tinggi.

"Natuna tetap menjadi prioritas karena berbatasan dengan negara lain. Lebih bagus di sana dilakukan Operasi Tugas Gabungan Laut. Karena medannya terbuka," tandas Margono.

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up