alexametrics

Ruwatan Nusantara Akan Digelar di Candi Tirta Kasongan Bantul

2 Juli 2022, 18:18:00 WIB

JawaPos.com–Sebuah tradisi upacara adat budaya masyarakat Jawa yang bertujuan membuang sial atau menyelamatkan dari gangguan tertentu, bertajuk Ruwatan Murwokolo Nusantara akan digelar di Candi Tirta Kasongan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Jogjakarta. Kegiatan itu digelar pada 13 Agustus.

”Ruwatan sebagai upacara religi budaya Jawa melalui doa dalam seni budaya pewayangan, bertujuan untuk memperbaiki berbagai hal aura buruk,” kata panitia Ruwatan Murwokolo Nusantara Ki Kasidi Hadiprayitno MRBA Kawindrawinoto seperti dilansir dari Antara di Candi Tirta Kasongan Bantul, Sabtu (2/7).

Ruwatan akan dilakukan Ki Kasidi, seorang dalang yang mewarisi keahlian sebagai dalang ruwatan dari ayahnya. Kasidi adalah guru besar dalam bidang pedalangan di salah satu perguruan tinggi seni Indonesia ternama di Jogjakarta.

Dia mengatakan, tidak hanya sukerta (orang) yang diruwat dalam kegiatan itu, tetapi mapak tunggak (bangunan), ruwat bumi (tanah pekarangan), ruwat tikus (tanah pertanian), bisnis perusahaan, serta berbagai persoalan tentang aura buruk dalam kehidupan pada yang dirawat.

Ki Kasidi mengatakan, Murwokolo itu berarti menghalangi adanya aura angkara murka yang kemungkinan ada pada pribadi, bangunan, tempat, bisnis, jodoh, dan lain sebagainya. ”Ruwatan telah menjadi sarana spiritual diyakini masyarakat dalam budaya Jawa. Dalam kegiatan lain seperti rukyah yang berarti melindungi dan menyembuhkan dari gangguan sihir, santet, penyakit secara islami,” kata Ki Kasidi.

Dalam era sekarang, menurut dia, maraknya kembali ke budaya Nusantara telah menjadi gaya tersendiri dalam kehidupan masyarakat, kembali ke alam dan budaya tradisi telah menjadi salah satu pilihan tersendiri untuk menentramkan hati.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: